Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Desa Tenggela Berhasil Sosialisasi Prokes dengan Mensyaratkannya dalam Pengambilan Bantuan

Dulohupa.id – Penyerahan bantuan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tenggela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, menjadi ajang untuk menyosialisasikan protokol kesehatan. Sebab, aparat pemerintah tersebut, mewajibkan masyarakatnya memakai masker sebelum menerima bantuan.

“Jadi pak, kami di sini ada aturan sendiri dalam menyalurkan bantuan. Wajib mencuci tangan ketika masuk dan keluar kantor desa, kalau yang tidak pakai masker saat mengambil bantuan, kami akan pulangkan dan tidak bisa mengambil bantuannya. Bantuannya bisa diambil, jika sudah menggunakan masker,” tegas Kepala Desa Tenggela, Nasir Suleman, saat diwawancarai, Rabu (28/10).

Dengan begitu kata Nasir, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi terbiasa dengan penggunaan masker. Tidak hanya saat mengambil bantuan, juga saat melakukan kegiatan di luar rumah, mereka jadi terbiasa memakai masker.

“Alhamdulillah, dengan aturan yang kami terapkan, mereka (Masyarakat) sudah terbiasa memakai masker. Tidak hanya saat mengambil bantuan, ketika melakukan kegiatan di luar rumah, mereka juga selalu memakai masker. Dan hal ini terpantau oleh kepala-kepala Dusun di Tenggela,” katanya.

Selain itu, pemerintah Desa Tenggela juga menerapkan sistem shift dalam pengambilan bantuan. Hal ini dilakukan, guna menghindari kerumunan warga.

“Contohnya penerima BLT ada 100 orang. Itu kami bagi dua, yang 50 orang mengambil pagi dan yang sisanya 50 mengambil siang atau sore. Cara ini kami lakukan untuk menghindari kerumunan warga saat mengambil bantuan,” ujar Nasir Suleman.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).