Daftar 7 Guru dan 5 Tokoh Desa di Gorontalo Terima SUMO Foundation Awards 2022

oleh -481 Dilihat
Sumo Foundation Awards 2022
Penerima penghargaan SUMO Foundation Awards 2022 saat bersama Anggota DPR RI, ELnino Mohi.

Dulohupa.id – Yayasan Suharso Monoarfa (SUMO Foundation) bekerjasama dengan Elnino Center kembali memberikan penghargaan kepada guru pejuang dan tokoh desa.

Tahun ini 7 Guru pejuang dan 5 tokoh desa tersebar di Provinsi Gorontalo menerima SUMO Foundation Awards 2022 yang digelar di Gedung Sumber Ria, Kota Gorontalo pada Jumat (25/11/2022).

Guru yang menerima penghargaan SUMO Awards 2022 sebagai berikut:

1. Rifah Usulu

Guru Honorer di SMP 4 Satap Tibawa di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Rifah telah mengabdi sebagai tenaga pendidik selama 17 Tahun sejak tahun 2005.

2. Fitri Polohi

Guru Honorer di SDN 7 Popayato Barat di Desa Molosifat Utara, Kecamatan Popayato Barat, Kabupaten Pohuwato. Masa pengabdian 16 tahun sejak tahun 2006.

3. Nurhayati Saidi

Guru Honorer di SDN 14 Botumoito, Kabupaten Boalemo. Masa pengabdian 16 Tahun.

4. Nanci Banini

Guru Honorer di SDN 7 Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara. Ia pernah mendapatkan SK Cleaning Service dari pemerintah meskipun sesungguhnya ia adalah guru.

5. Novita Hulainggi

Guru Honorer di SDN 10 Asparaga, Kabupaten Gorontalo. Masa Pengabdian 8 tahun.

6. Wanhandrik Tahalu

Guru Honorer di SMPN 4 Satu Atap Bilato, Kabupaten Gorontalo. Masa Pengabdian 15 Tahun.

7. Ellen Podungge

Ellen selama 17 tahun pernah mengabdi guru Honor di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Gorontalo. Ia mengajar sebagai guru tuna rungu dan bahasa Isyarat. Elleh sudah terangkat menjadi PPPK sejak 6 bulan terakhir dan saat ini telah mengajar di SMK 5 Kota Gorontalo.

Tokoh Desa yang menerima penghargaan SUMO Awards 2022 sebagai berikut:

1. Isa Madi (Baba Sango)

Seorang kakek berusia 60 tahun yang telah menghibahkan sejumlah tanahnya untuk membangun beberapa fasilitas umum seperti kantor desa, PAUD, Poskesdes dan masjid di kampungnya di Desa Suka Makmur, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango.

2. Kombes Pol WItarsa Aji

Direktur Narkorba Polda Gorontalo mengajak masyarakat yang biasa membuat Miras jenis Cap Tikus dari pohon aren untuk diberikan sosialisasi dan pelatihan mengolah gula aren.

3. Fatra Hala

Aktivis perempuan dan anak itu menciptakan sekolah kampung bagi anak-anak putus sekolah di Desa Juria, Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Ia juga membangun sekolah kawan alam di Desa Dutohe kecamatan, Kabila, Kabupaten Gorontalo.

4. Awaluddin Akhmad

Warga Desa Huntu Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango itu adalah penggagas pasar Seni warga atau dikenal pasar Ambuwa.

5. Alghazali Katili

Pemuda asal Di Desa Molawahu, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo ini telah membangun 48 rumah layak huni bagi warga miskin, serta 5 masjid. Selain menggunakan dana pribadi, Alghazali menggalang dana dari masyarakat yang ikut berpartisipasi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, Sumo Awards yang digagasnya sejak tahun 2008 telah mengumpulkan 100 orang guru maupun tokoh.

Hal ini dilakukan Suharso untuk memotivasi bagi orang-orang yang bermanfaat bagi orang lain, serta menghargai perjuangan bagi guru maupun tokoh desa.

“Teruslah memberikan motivasi dan berjuang bapak ibu. Sumo Foundation akan memberikan bonus penghargaan maupun beasiswa kepada orang-orang yang belum berkesempatan mendapatkan perhatian yang baik,” ucap Menteri Suharso dalam sambutannya.

Reporter: Enda