Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Cuaca Buruk, Wisatawan Diminta Tunda Kunjungan ke Wisata Pulau

Dulohupa.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato, memperingatkan masyarakat Pohuwato terhadap cuaca buruk akibat fenomena La Nina.

“Cuaca sekarang ini memasuki cuaca ekstrem akibat dampak dari La Nina, makanya masyarakat diimbau agar selalu waspada,” kata Ramon Abjul, Kepala BPBD Pohuwato, Selasa (3/11/2020).

Ramon menjelaskan, cuaca ekstrem yang ditimbulkan akibat dampak dari La Nina berupa curah hujan yang cukup tinggi disertai tiupan angin yang begitu kencang, dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

“Dampak yang diakibatkan dari cuaca ekstrem tersebut berpotensi menyebabkan banjir biasa, hingga banjir bandang, akibat curah hujan yang begitu tinggi,” Jelas Ramon.

Makanya Ramon meminta masyarakat melakukan mitigasi bencana, misalnya untuk wisatawan diminta menunda kegiatan ke pulau-pulau wisata yang harus ditempuh dengan menyeberangi laut.

Ia juga meminta agar nelayan kiranya lebih berhati-hati, bahkan mengurangi aktifitas dalam melaut agar terhindar dari gelombang laut yang ekstrem.

Risiko banjir yag mengancam, juga menurut Ramon mesti disikapi dengan berpartisipasi dalam memperbaiki saluran air atau pun drainasi yang ada dilingkungan tempat tinggal. Lalu diharapkan juga pemerintah desa dan kecamatan agar memperhatikan tingkat kekuatan papan reklame, jembatan penyebarangan, maupun lereng perbukitan yang berpotensi bencana.

Reporter