CEK FAKTA: Benarkah Angka Pengangguran di Bonebol Tinggi?

DULOHUPA.ID- Calon Bupati Bone Bolango, Ruslianto Monoarfa, dalam Debat Kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pagi tadi, Kamis (26/11) di Gedung Misfalah, Kota Gorontalo, menyinggung angka pengangguran di kabupaten tersebut.

Menurutnya, tidak ada yang perlu dibanggakan dari angka pengangguran di kabupaten tersebut yang ternyata masih saja tinggi.

“Pengangguran kita (Bone Bolango) tinggi, lalu saya kira apa yang harus kita perbuat?,” ungkap Ruslianto dalam debat bertema “Keselarasan Pembangunan, Memperkokoh NKRI, dan Pencegahan COVID-19”, Kamis (26/11).

FAKTA:

Data Indikator Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota 2017-2019 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mencatat, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Bone Bolango per 2019 berada di angka 4,35 persen. Sementara tiga tahun terakhir, 2017 berada di angka 4,70 persen, dan pada 2018 berada di angka 4,30 persen.

Namun, angka tersebut sebetulnya masih rendah jika dibandingkan dengan angka TPT Kabupaten Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo. Sebab, dalam data yang sama tercatat, per 2019 TPT di Kabupaten Gorontalo Utara berada di angka 4,98 persen, sedangkan Kota Gorontalo berada di angka 6,31 persen.

Konten ini hasil kerja tim cek fakta dari sejumlah media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Gorontalo.
Writer: TIM