Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Cegah Penyebaran dan Penularan Covid-19, Warga Diminta Ciptakan Lingkungan Bersih

Dulohupa.id – Sebagai salah satu upaya untuk melawan dan mencegah penyebaran dan penularan Virus Corona atau Covid-19, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabgor, agar menciptakan lingkungan yang bersih agar bisa memberikan kehidupan yang nyaman dan sehat bagi masyarakat itu sendiri.

Hal ini disampaikan oleh Nelson Pomalingo saat memantau secara langsung pelaksanaan bersih-bersih yang digelar dilingkungan Kantor Bupatri Gorontalo pada Senin (01/06) dimana menurutnya, lingkungan ini menjadi sangat penting bagi seluruh masyarakat, karena kita hidup dari lingkungan.

Pasalnya dikatakan oleh Ketua Koalisi Penghasil Kelapa (KopeK) Indonesia, jika lingkungan bersih apalagi ditumbuhi oleh berbagai macam tanaman, termasuk kelapa, maka Virus Corona tidak akan tidak menyebar bahkan sampai menular.

“Yang kedua saya ingin mendorong ciri khas kita di Kabgor yakni ada tiga tanaman pohon. Yang pertama kelapa, yang kedua sirsak dan ketiga Limututu. Sambil juga kita mendorong tanaman-tanaman lainnya. Nah kalu ini terjadi, maka yang namanya sirsak itu bias untuk dibuat minuman jus yang tentunya dapat menyehatkan tubuh manusia,” terangnya.

Lebih lanjut Nelson Pomalingo mengatakan, Kabgor ini termasuk daerah panas, sehingga membutuhgkan tanaman-tanaman semacam itu. Apalagi kelapa ini meruopakan komoditi tanaman unggulan masyarakat Gorontalo, maka bukan sekedar komoditi namun juga untuk diminum, yang tentunya air kuahnya bisa untuk kesehatan tubuh masyarakat.

“Daerah kita ini adalah daerah panas, maka untuk menyegarkan dan menyehatkan tubuh, kita butuh minuman dari buah kelapa ini. Kemudian yang ketiga Limututu merupakan tanaman has Kecamatan Limboto. Makanya saya berharap, Kadis Lingkungan hidup yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan tiga komoditi unggulan kita,” pungkas Nelson Pomalingo. (Dhedy)