Scroll Untuk Lanjut Membaca
Food & TravelHEADLINE

Cara Resep Sate Daging Kurban Enak dan Empuk

88
×

Cara Resep Sate Daging Kurban Enak dan Empuk

Sebarkan artikel ini
Resep Sate Daging
Ilustrasi Sate Daging sapi (Net)

Dulohupa.id – Merayakan Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban seperti sapi dan kambing. Biasanya pada perayaan Idul Adha, banyak orang menyajikan sate daging sapi.

Olehnya, resep sate banyak dicari untuk mengolah daging sapi karena memiliki cita rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Pemilihan daging yang tepat juga perlu diperhatikan. Ada bumbu yang perlu kita buat juga untuk memastikan sate daging sapinya lezat. Simak cara pembuatannya!

1. Jenis daging
Agar daging sate empuk, gunakan bagian has dalam atau has luar. Namun jika memakai bagian lain, bisa memakai daun pepaya sebagai pembungkus agar empuk.

Letakkan daging sapi dalam wadah lalu masukkan daun pepaya yang sudah diremas-remas dengan dengan air. Pastikan seluruh daging tertutup dengan daun pepaya agar daging empuk secara merata. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.

2. Memotong daging

Setelah daging didiamkan dengan daun pepaya, bersihkan lemak dan urat yang liat pada permukaan daging sapi. Kemudian potong daging melintang serat dengan tebal sekitar 1/2 cm. Sebaiknya jangan potong daging terlalu besar dan tebal. Ini supaya daging lebih cepat empuk dan mudah dikunyah.

3. Menusuk sate

Baluri daging dengan sedikit jeruk nipis supaya daging lebih empuk dan beraroma. Tusuk daging sapi melintang serat. Dalam satu tusuk sate, daging bisa diselingi lemak agar rasanya lebih gurih.

Gunakan tusuk sate bambu. Bila pakai tusuk sate bambu, rendam sebentar dalam air. Ini berguna melarutkan kotoran, melembabkan lidi, dan tusuk sate tak mudah patah saat dipanggang.