Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bukan Melakukan Tes, Ini Hal Pertama yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tertular COVID-19

Dulohupa.id – Jika merasakan gejala infeksi COVID-19, maka melakukan tes rapid atau swab test bukanlah hal yang mesti dilakukan pertama kali, melainkan melakukan karantina dan melaporkan kondisi diri kepada dokter atau orang terdekat. Hal itu seperti yang diungkapkan Lisa Lee, Profesor Virginia Tech dan pakar kesehatan masyarakat yang menghabiskan 14 tahun bekerja di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) kepada Insider.

“Jika Anda merasa atau curiga terinfeksi COVID-19, lakukan karantina,” ujar Lisa Lee.

Pada dasarnya, gejala COVID-19 akan mulai dirasakan oleh pengidap dalam waktu empat hingga lima hari setelah terinfeksi COVID-19. Namun, masa inkubasinya sendiri dapat berlangsung dua hingga 14 hari.

“Inilah kenapa periode karantina yang disarankan adalah 14 hari penuh. Tidak peduli bagaimana perasaan Anda selama waktu itu atau apa yang mungkin ditunjukkan oleh hasil tes Anda, masa karantina tetap 14 hari. Untuk diingat, saat ini belum ada vaksin COVID-19 yang disetujui dan tidak ada pengobatan yang dapat diandalkan untuk semua orang,”

Oleh sebab itu kata Lisa, “meski kita tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit selama masa karantina, ingatlah bahwa kita masih dapat membuat orang lain berisiko terinfeksi, atau bahkan kematian, jika tidak berhati-hati. Virus corona juga dapat menyebar dengan mudah dari orang-orang tanpa gejala yang tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit,” tutupnya

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega