Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Buka Turnamen Liga Desa U18 Gemilang Cup 2020, Nelson Sampaikan di Kabupaten Gorontalo Akan Berdiri SMA Olahraga

Dulohupa.id – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada Sabtu (14/03/2020), secara resmi membuka secara langsung, pelaksanaan Liga Desa U18 Gemilang Cup khusus untuk Rayon Boliyohuto Cs, yang mempertandingkan tiga cabang olahraga masing-masing Sepak Bola, Sepak Takraw dan Volly Ball

Dalam sambutannya bupati menyampaikan, untuk lebih meningkatkan prestasi olahraga, tidak hanya melaksanakan pertandingan-pertandingan saja, namun fasilitas sarana dan prasaran juga harus disiapkan, sehingga pembinaan terhadap olahraga akan lebih berkembang, bahkan dengan adanya fasilitas sarana olahraga (Sorga) maka, kemajuan olahraga akan berkembang dengan sendirinya.

Pasalnya dikatakan oleh Nelson, meskipun di satu daerah itu memiliki atlit-atlit berbakat, namun jika tidak ditunjang dengan fasilitas, maka bakat dari para atlit akan terpendam dengan sendirinya. “Atlit berprestasi itu tidak hanya ditemukan, namun harus diciptakan. Bagaimana cara menciptakan, pertama sarana dan prasarana harus disiapkan, baik oleh pemerintah kabupaten, maupun pemerintah kecamatan dan desa,” terangnya.

Lanjut dikatakan oleh pria yang dianugrahi sebagai bapak olahraga di Kabuopaten Gorontalo, dari sarana dan prasarana inilah dapat memberikan pembinaan kepada atlit muda berbakat yang tentunya bisa dijadikan sebagai aset daerah, yang nantinya bisa dipersiakan untuk bersaing ditiongkat regional, nasional bahkan jika perlu sampai ketingkat internasional.

“Terkait dengan peningklatan olahraga di daerah Khususnya di Kabupaten Gorontalo, pada tahun 2020 ini pemerintah sudah memprogramkan mendirikan SMA  olahraga, yang lokasinya berada di Limboto Barat, Hanya saja yang harus disiapkan adalah SDM dari para guru dan para pelatih masing-masing cabang olahraga yang akan kita buka di sekolah tersebut.

“Ini juga sebagai sosialisasi kepada para siswa SMP, yang mempunyai bakat di Olahraga, silahkan bisa mempersiapkan diri untuk masuk ke SMA olahraga, karena akan ada sekitar 8 cabang olahraga yang akan kita buka disekolah tersebut,” tutupnya. (ADE/DED)