Untuk Indonesia

Bonbol Segera Berlakukan Tanda Tangan Elektronik dalam Administrasi Pemerintahan

Dulohupa.id– Pemerintah Kabupaten Bone Bolango terus mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam mewujudkan pemerintahan berbasis digital pertama di Gorontalo. Rabu (17/2) sore, Bersama Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), Pemkab Bonbol menggelar sosialisasi penerapan tanda tangan elektronik untuk aktivitas administrasi pemerintahan.

“Kita ingin membangun sistem pemerintahan berbasis digital. Ini merupakan salah satu target Bupati Bone Bolango Hamim Pou di tahun 2021-2024,” ujar Iwan Mustapa, Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. Saat membuka langsung osialisasi tanda tangan elektronik dari pihak Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Republik Indonesia, diruangan Multi Fungsi Mall Pelayanan Publik sore tadi, Rabu (17/2)

Terkait rencana penerapan kebijakan ini. Pemda Bonbol tengah melakukan serangkaian kajian. Termasuk kajian analisis kebutuhan, perizinan, administrasi hingga keputusan hukum.

“Pelayanan E-tanda tangan merupakan bagian dari implementasi pemerintah daerah untuk memperkuat reformasi birokrasi. Selain itu, Kebijakan ini juga merupakan respond pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” terangnya.

Iwan juga mengatakan, dengan adanya tanda tangan elektronik kedepan proses pelayanan publik akan lebih simple. Karena setiap pimpinan OPD atau pengambil kebijakan, bisa melakukan pelayanan tanda tangan meski tengah berada di luar kantor.

“Jadi nanti Bupati, Sekda, maupun pimpinan OPD bisa melakukan tanda tangan meski tidak berada di dalam kantor. Namun tentunya dengan proses verifikasi dan otentifikasi,” tambahnya.

 

Reporter: Yusuf Konoli

Comments are closed.