Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Besok, KPU Bonebol Akan Lakukan Simulasi Pemilihan, Cek Waktunya

DULOHUPA.ID- KPU Bone Bolango akan melaksanakan simulasi pemilihan serentak besok, Sabtu (21/11), di Lapangan Likada, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango.

ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bone Bolango Adnan A. Berahim menjelaskan, bahwa sebetulnya simulasi itu dilakukan secara nasional oleh omisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) .

Tujuannya untuk memberi gambaran kepada masyarakat bagaimana pelaksanaan pemilihan kepala daerah, yang nantinya digelar pada 9 Desember 2020. Apalagi, saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi COVID-19. Sehingga tentu masyarakat mesti tahu bagaimana protokol kesehatan yang berlaku di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti.

“Pemilihan kali ini bertepatan dengan pandemi COVID-19, maka KPU Kabupaten Bone Bolango akan melaksanakan simulasi sebagai percontohan di tiap-tiap kecamatan lainya,” jelas Adnand ditemui usai rapat dengan KPU tingkat Provinsi, dihotel MAQNA, Kamis (19/11).

Adapun pelaksanaan simulasi ini akan dimulai pukul 07:00 WITA hingga pukul 13:00 WITA, sesuai dengan waktu pelaksanaan pemungutan suara pada hari H nanti.

“Maka hal-hal yang baru akan terjadi di TPS pada tanggal 9 Desember nanti, kita semua diberikan pada tanggal 21November sesuai aturan yang sudah berlaku,”kata Adnan

“Dalam hal ini, pengaturan kedatangan pemilih, kemudian pengukuran suhu dan juga pengecekan terhadap pemilih yang suhunya diatas 37,3 C yaitu dengan menggunakan bilik khusus untuk melakukan hak pilihnya,” tambah Adnand.

Tak hanya itu saja, dalam simulasi pun pihak KPU kabupaten Bone Bolango akan melakukan perekaman KTP elektronik terhadap pemilih yang belum merekam KTP-el di wilayah Kabila.

Reporter: Yusuf Konoli