Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bersama Dirut PT. Petrokimia Gresik, RG Gelar Panen Raya Jagung di Tibawa

Dulohupa.id – Melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel (RG) pada Sabtu (04/07) melaksanakan panen raya jagung di deplot pertanian Desa Tolitio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Pantauan awak media dalam kunjungannya, RG didampingi oleh Dirut PT. Petrokimia Gresik, Dirut Pertosida Gresik, Bupati Bone Bolango, Kadis Pertanian Kabupaten Gorontalo, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Gorontalo.

Diwawancarai usai melakukan panen raya, Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel menjelaskan, Ia akan berusaha menghadirkan industri agar petani bisa disejahterakan. Hal ini menurut RG guna menjawab keluhan dari para petani terkait anjloknya harga jagung ketika panen tiba.

“Bukan hanya jagung saja yang harganya sering anjlok, tapi tanaman lainnya seperti tomat dan cabai juga sering anjlok saat panen tiba. Dan itu bukan hanya di Gorontalo saja tapi terjadi di Indonesia. Makanya harus ada proses lebih lanjut, bagaimana bisa memberikan nilai tambah, ketika panen tiba,” ungkapnya.

Rahmad Gobel-Panen Jagung-dulohupa.id-
Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel melaksanakan panen raya jagung di deplot pertanian di Desa Tolitio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Nilai tambah dimaksud dijelaskan oleh RG adalah industrinya harus ada, pengelolaan bisa moderen dengan adanya demplot ini, segera direncanakan bagaimana agar bisa masuk industrinya, sehingga secara total itu akan mendapat harga yang baik bagi masyarakat dan para petani.

Sementara itu, Dirut PT. Pertokimia Gresik, Rahmad Pribadi menambahkan, salah satu keuntungan bagi para petani jika menggunakan produk non subsidi produktivitasnya sangat tinggi.

Disini memurut Rahmad Pribadi, kelihatan sekali dengan tehnik tidak terlalu rumit, produktifitas para petani sangat tinggi sekali, karena produksinya dua kali lipat dari yang lainya.

“Dengan luas yang sama, di Gorontalo bisa memproduksi jagung dua kali lipat dari yang sekarang. Dengan demikian tantangan yang diberikan oleh RG dalam mensejahterakan para petani, akan tercapai,” tambahnya.

Sementara itu dalam laporannya,  tenaga ahli Wakil Ketua DPR RI Rustam Akili mengatakan, ini merupakan tekat dan komitmen dari Rachmad Gobel selaku wakil rakyat untuk mensejahterakan masyarakat Gorontalo.

“Gorontalo merupakan daerah termiskin ke lima di Indonesi dan pak RGmaka dari pada itu wakil kita yaitu Pak RG tidak mau daerahnya terus begini. Olehnya apa yang menjadi program beliau harus didukung sehingga daerah ini akan benar-benar maju terlepas dari ketertinggalan,” Tandas (Dhedy).