Untuk Indonesia

Belasan Desa di Pohuwato Siapkan Diri Jadi Lumbung Pangan

Dulohupa.id- Sebanyak 16 desa di Kabupaten Pohuwato bersepakat mengembangkan desa mereka menjadi desa lumbung pangan di Pohuwato. Artinya, desa-desa ini akan menyiapkan stok pangan atau cadangan pangan untuk kondisi darurat khusus untuk kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pangan Pohuwato, Refli Basir, saat kepada Dulohupa.id menerangkan, bahwa benar pihaknya saat ini memfokuskan diri pada pengembangan potensi desa yang nantinya bisa menjadi lumbung pangan. Apalagi beberapa desa telah menjalin kerja sama dengan pihaknya dalam program lumbung pangan.

“Jadi ada 16 desa yang sudah ter-cover dari 104 desa dan kelurahan yang ada di Pohuwato untuk dikembangkan menjadi lumbung pangan desa,” ujar Kadis Pangan, Rabu (3/2) kemarin.

Kata Refli, pencanangan lumbung pangan desa ini untuk mengantisipasi daerah Pohuwato ketika menghadapi bencana, rawan pangan kronis, darurat pangan terjadi. Jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan ataupun bencana, maka desa-desa ini yang akan memasok pangan.

“Lumbung pangan desa nantinya menjadi suplai cadangan pangan kita yang ada di desa. Dan lumbung pangan desa ini masih fokus pada beras, dan akan berlanjut pada pangan lainnya seperti umbian-umbian, dan sagu nantinya,” katanya lagi.

Refli menjelaskan, nantinya pengelolaan lumbung pangan di setiap desa adalah kelompok di setiap desa tersebut. Pemerintah desa yang nantinya akan mengontrol kelompok tersebut.

Makanya, jika kelompok pengelola lumbung pangan ini tidak serius, maka pihaknya akan menghentikan suplai ke lumbung pangan desa tersebut.

“Nah, jika sebaliknya dikelola dengan baik, maka kami akan mengembangkan terus lumbung pangan yang dikelola oleh kelompok yang ada di desa,” imbuhnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.