Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bawaslu Pohuwato: Proses Pengundian Nomor Urut Berjalan Lancar dan Patuhi Prokes

Dulohupa.id – Penyelenggaraan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pohuwato sudah mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, dan berjalan lancar serta kondusif.

“Pihak KPU melaksanakan proses pengundian nomor urut ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, itu juga merupakan ketentuan dari PKPU terbaru, yakni PKPU nomor 13 tahun 2020,” kata Ketua Bawaslu, Zubair S. Mooduto, kepada wartawan dulohupa.id, Kamis (24/9/2020).

Kata Zubair bahwa pihaknya bersyukur jika tim sukses dari masing-masing pasangan calon sudah memahami mekanisme yang ada. Sehingga saat proses pengundian berlangsung, situasi di dalam dalam dan luar gedung KPU terkendali.

Meski begitu ia mengingatkan, bahwa ke depan masih ada tahapan kampanye, dan untuk mengantisipasi pelanggaran prokes pada kampanye nanti, pihak bawaslu sendiri akan menindaklanjuti setiap kampanye yang melanggar prokes.

“Kami bersama stakeholder terkait, seperti KPU, Polisi, TNI, Satpol PP sudah membuat Pokja dalam hal penanganan dan pencegahan COVID-19 pada tahapan Pilkada, dan untuk memantau setiap kampanye yang melanggar prokes itu sendiri,” imbuhnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba