Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Basarnas Selamatkan Kapal Bagan Bermuatan 7 ABK yang Nyaris Tenggelam

Dulohupa.id – Basarnas Gorontalo menyelamatkan satu kapal bagan yang nyaris tenggelam di Perairan Laut Sulawesi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, sore tadi, Minggu (18/10).

Adapun penyelamatan tersebut dilakukan setelah Tim Siaga Komunikasi Kantor Basarnas Gorontalo, menerima info dari Kapten KN SAR Samba, bahwa  telah terjadi kecelakaan kapal Perahu Bagan di Perairan Laut Sulawesi.

Menerima laporan tersebut, pukul 14.10 WITA, Tim Basarnas Gorontalo segera menerjunkan delapan orang tim SAR ke lokasi kejadian. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 90 menit, Tim SAR akhirnya menemukan para korban dalam kondisi terombang ambing. Proses evakuasi sempat terhambat karena para korban enggan untuk dievakuasi ke RIB.

Namun, setelah melakukan negosiasi kurang lebih 30 menit, akhirnya tujuh korban sepakat untuk meminta Tim Basarnas memantau pergerakan bagan untuk bisa sampai ke Pelabuhan Kwandang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Basarnas Gorontalo, I Made Junetra mengungkapkan, bahwa memang betul telah terjadi kondisi membahayakan manusia di perairan Laut Sulawesi bagian utara.

“Awalnya mereka enggan untuk dievakuasi ke RIB, oleh sebab itu tim segera melakukan negosiasi dengan para korban mengingat cuaca yang semakin memburuk,” kata I Made Junetra.

Saat ini kata Junetra, bahwa tim di lapangan beserta ke tujuh korban sudah dalam perjalanan ke Pelabuhan Kwandang dengan estimasi kurang lebih 3-4 jam untuk bisa tiba di lokasi pelabuhan.

“Ini dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat mengakibatkan tim tidak bisa memacu kecepatan. Dengan ditemukannya ke tujuh korban maka operasi SAR dinyatakan ditutup,” tutup Junetra.