Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bantu Pemda Sosialisasi Prokes, Pemuda Pohuwato Luncurkan Gerakan “Young Volunteer”

Dulohupa.id –Sejumlah pemuda di Kabupaten Pohuwato meluncurkan (me-launching) gerakan “Young Volunteer” untuk menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan COVID-19 di wilayah tersebut. Tidak bergerak sendiri, Young Volunteer ini nantinya akan menjadi partner Pemerintah Daerah (Pemda) Pohuwato dalam menyosialisasikan COVID-19 kepada masyarakat.

Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga yang hadir dalam peluncuran tersebut mengungkapkan, bahwa nantinya gerakan ini akan sangat membantu pihaknya, yang selama ini telah berupaya menurunkan kasus COVID-19, dengan sejumah sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami pemerintah daerah sangat bangga dan sangat berterima kasih kepada Young Volunteer, yang mau terlibat membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran COVID-19 di Pohuwato kita tercinta,” ujar Syarif, saat launching “Young Volunteer” di wisata Kelapa Dua Pohon Cinta Marisa, Kabupaten Pohuwato, Minggu (11/10).

Syarif menyampaikan, hadirnya unsur kepemudaan dalam mengampanyekan pencegahan COVID-19 kepada masyarakat, tidak hanya membantu pemerintah daerah saja, namun juga pihak TNI dan polisi.

“Kita tdak sendiri memerangi COVID-19, ada pemuda yang mengatasnamakan Young Volunteer yang membantu pemerintah, aparat kepolisian, dan TNI untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang masih mengancam daerah kita saat ini, ” terang Syarif.

Ia yakin, bantuan dari pemuda ini dapat menekan kasus COVID-19 di Gorontalo, khususnya di Pohuwato.

“Kita yakin Pohuwato akan terhindar dari COVID-19 dengan adanya bantuan dari Young Volunteer ini. Saya juga berharap, melalui sosialisasi yang digalakkan oleh pemuda Pohuwato itu, langsung dipahami oleh masyarakat, dan terus mau membantu pemerintah secara bersama-sama menangkal virus ini dengan cara memenuhi protokol kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, koordinator dari Young Volunteer, Fauzan Azim mengatakan, gerakan kepemudaan ini gabungan dari semua unsur pemuda di Pohuwato, baik yang tergabung dalam organisasi mahasiswa, organisasi kepemudaan daerah, dan karang taruna.

“Tujuan gerakan Young Volunteer ini hanya satu, mengedukasi masyarakat Pohuwato dalam mencegah virus (SAR-COV-2 penyebab) COVID-19 yang terus mewabah, agar masyarakat Pohuwato terhindar dari virus berbahaya tersebut, ” ujar Fauzan Azim.

Lebih dari itu, Fauzan mengapresiasi dukungan dari pemerintah Pohuwato yang mendukung penuh gerakan kepemudaan ini, dalam menekan kasus COVID-19 di Pohuwato.

“Kami dari Young Volunteer sangat berterima kasih kepada semua elemen terutama Forkopimda Pohuwato atas keterlibatannya pada kegiatan launching Young Volunteer ini, dan kami juga berharap agar masyarakat terus bekerja sama dengan cara mematuhi protokol kesehatan, sebagai bentuk kecintaan kita untuk menjaga daerah Pohuwato terhindar dari virus COVID-19 tersebut,” tutup Fauzan.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau