Untuk Indonesia

Bangunan Indomaret di Pohuwato Terancam Dibongkar

Dulohupa.id- Meski belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah daerah, namun hingga saat ini sedikitnya sudah ada beberapa bangunan Indomaret yang sudah dibangun di Pohuwato. Karena itu, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Pohuwato, Rusmiyati Pakaya menjelaskan bahwa bangunan-bangunan itu terancam dibongkar. 

Menurut Rusmiyati, langkah itu akan ditempuh oleh pihaknya jika tidak sesuai zonasi dan menyalahi perundang-undangan. Adapun hal itu diungkapkannya usai menerima masa aksi Aliansi Gerakan Masyarakat Pemuda Bumi Panua Madani (Gempa Bumi), Jumat tadi (03/12/2021).

Baca Juga:  Warga Kelurahan Bulota Protes Pekerjaan Ruas Jalan Abdul Rahman Moito

“Ketika mereka memasukan permohonan, maka akan dikaji oleh TKPRD untuk tata ruang, jika perundang-undangan itu menyalahi maka akan dibongkar,” tegas Rusmiyati Pakaya.

Ia pun menambahkan, bahwa saat ini pihak Indomaret harus memulai permohonan perizinan dari nol. Terlebih ketika terjadi konflik saat ini. 

“Intinya saat ini mereka melakukan pekerjaan tidak diawali dengan melapor ke pemerintah daerah. Kalau seandainya mereka melapor ke pemerintah daerah, maka kami akan mempersyaratkan apa yang jadi syarat pemerintah daerah. Intinya saat ini mereka harus mulai dari nol lagi,” sambungnya.

Baca Juga:  Polres Pohuwato Tangani Sebelas Laporan Warga Terkait Investasi Bodong

Tak hanya itu, Rusmiyati Pakaya mengaku, sejak awal pembangunan Indomaret, pemda tidak diberitahu. Informasi yang diterima pemerintah hanya dari masyarakat. 

“Setelah ada informasi, ada pembangunan itu, maka dinas teknis langsung turun menghentikan secara lisan, dan itu mereka (pekerjaan bangunan Indomaret) gubris hanya beberapa hari. Intinya mereka mengawali pekerjaan tidak melapor ke pemerintah daerah,” tutup dia. **

Comments are closed.