Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialGORONTALO UTARAKPU GORONTALO UTARAPilkada

9.227 Dukungan jadi Syarat Calon Perseorangan Pilkada Gorontalo Utara

30
×

9.227 Dukungan jadi Syarat Calon Perseorangan Pilkada Gorontalo Utara

Sebarkan artikel ini
Calon Pilkada Gorontalo
Komisioner KPU Gorontalo Utara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nur Istiyan Harun.

Dulohupa.id – Pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 telah selesai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara bersiap untuk menggelar pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Komisioner KPU Gorontalo Utara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nur Istiyan Harun menyampaikan, bagi calon yang maju perseorangan atau independen memerlukan sebanyak 9.227 dukungan dengan sebaran minimal 6 Kecamatan.

Hal itu berdasarkan Keputusan KPU Gorontalo Utara nomor 425 tahun 2024 tentang syarat minimal dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Gorontalo Utara 2024,.  Adapun jumlah ini berdasarkan pada jumlah Daftar Pemilih Tetap Pemilu terakhir yaitu 92.264.

“Calon perseorangan harus memenuhi syarat dukungan dari sejumlah penduduk yang memiliki hak pilih atau tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir,” ujar Nur Istiyan.

“Syarat tersebut yaitu mengantongi dukungan minimal 10 persen dari DPT yakni sebanyak 9.227 dukungan bagi calon perseorangan,” sambungnya.

Sementara untuk penyerahan dokumen syarat dukungan oleh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan oleh KPU Gorontalo Utara mulai tanggal 8 Mei sampai dengan 12 Mei 2024.

Adv