Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

4 Ton Getah Pinus Disita Satreskrim Polres Bonbol

Dulohupa.id Sedikitnya 4 ton getah pinus yang dijadikan bahan Industri, berhasil diamankan Penyidik Unit Tipiter Satuan Reserse Kriminal Polres Bone Bolango (Bonbol). Getah Pinus ini diamankan petugas kepolisian, tepat di Desa Owata, Kecamatan Bolango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Senin (16/03) kemarin.

Kepala Unit (Kanit) Tipiter Satreskrim Polres Bonbol, AIPDA Yahya Baudelo menjelaskan, Penyitaan 4 Ton Getah Pinus ini berawal dari adanya informasi warga yang menemukan tumpukan karung di tepi jalan, dan melaporkannya ke pihak kepolisian.

Mendapatkan laporan tersebut, dikatakan oleh Yahya Baudelo pihaknya langsung menindak lanjuti laporan tersebut dengan mendatangi lokasi penemuan tumpukan karung tersebut. Setibanya di lokasi, tim menemukan 50 karung getah pinus yang ditumpuk di tepi jalan. Getah untuk bahan baku industri itu lalu diamankan.

“Getah pinus merupakan hasil hutan bukan kayu ditemukan petugas di Desa Owata tanpa memliki dokumen. Yaitu izin pemungutan hasil hutan bukan kayu pada areal penggunaan lain pada hutan lindung,” Kata Yahya Baudelo.

Lanjut Yahya Baudelo, setelah dilakukan penyelidikan di lokasi, barang bukti tersebut merupakan milik RD, yang merupakan warga desa setempat. Untuk kepentingan penyelidikan, 50 Karung Getang Pinus ini kemudian langsung dibawah ke Mako Polres Bonbol.

“Usai kami sita, barang bukti ini kami amankan guna proses penyelidikan lebih lanjut. Sementara pemilik Getah Pinus berinisial RD, tidak kami temukan di lokasi, dan masih mencari tau keberadaannya. Perbuatan tersebut bertentangan dengan UU no 41 tahun 1999 tentang kehutanan, dan UU no 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan perusakan hutan lindung,” pungkasnya. (jebeng)