Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMKAB POHUWATOPOHUWATO

32 Warga Pohuwato Ikuti Operasi Bibir Sumbing Tahap Dua

99
×

32 Warga Pohuwato Ikuti Operasi Bibir Sumbing Tahap Dua

Sebarkan artikel ini
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga saat melihat langsung tindakan operasi bibir sumbing yang dilakukan dokter dari Unhas/istimewa

Dulohupa.id – Sebanyak 32 warga mengikuti operasi bibir sumbing gratis yang diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (19/8/2022).

Kegiatan operasi diketahui bertujuan mewujudkan Pohuwato sehat, maju, dan sejahtera (SMS), yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bumi Panua Pohuwato. Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga, mengatakan pelaksanaan operasi bibir sumbing celah bibir lelangit kali ini sudah masuk ke tahap dua. 

“Sebelumnya operasi tersebut dilaksanakan pada bulan Februari 2022. Ini berdasarkan komitmen kami menuntaskan seluruh anak-anak, remaja, dan juga orang tua memiliki permasalahan yang sama di Pohuwato,” ungkap Saipul

Disebutnya juga operasi bibir sumbing memiliki ketentuan proses lanjutan, bagi yang sudah dioperasi pada tahap pertama selang waktu enam bulan sudah bisa melanjutkan operasi tahap kedua.

“Operasi bibir sumbing tahap pertama sebanyak 34 orang, tahap dua ini sebanyak 32 orang yang siap dioperasi. Ini berkat kerjasama dengan pihak Unhas, Fakultas Kedokteran bersama Pemkab Pohuwato,” sambungnya.

Kedepan harapan Saipul, Kabupaten Pohuwato sudah bebas dari penyakit bibir sumbing. Diharapkan agar tidak ada timbul rasa minder dan agar anak-anak yang memiliki bibir sumbing dapat bisa bergaul sesama anak-anak normal lain.

“Diharapkan orang tua tidak melarang anaknya untuk melakukan operasi bibir sumbing sepatutnya orang tua harusnya mendorong anak untuk mau melakukan operasi itu,” tutup Saipul. (Adv)

Reporter: Hendrik Gani