Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

2021, 101 Desa di Pohuwato Tersentuh Internet

Dulohupa.id – 101 Desa di Kabupaten Pohuwato dipastikan tahun 2021 mendatang akan merasakan jaringan internet. Perencanaan program ini telah rampung dilakukan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pohuwato, Supratman Nento mengatakan, Program ini merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah untuk memajukan Kabupaten Pohuwato.

“Ke depan nanti, rencana kami 101 desa di Pohuwato agar bisa merasakan jaringan internet, sehingga cita-cita merdeka jaringan internet tahun 2021 akan tercapai di Kabupaten Pohuwato,” ujar Supratman kepada Dulohupa.id, Senin (16/11).

Lebih lanjut Supratman mengatakan, Saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang bisa menopang kemajuan SDM di setiap desa.

“Kedepan ini bisa jadi peluang bisnis, karena bisa dijual ke masyarakat dan bisa menambah pendapatan desa.” imbuhnya.

Tak hanya itu, memasuki era 4,0 saat ini, Sejumlah program pemerintah pusat hingga daerah juga sangat membutuhkan jaringan internet.

Supratman juga menambahkan, jika jaringan internet di desa mulai terpasang, dapat membantu meningkatkan ekonomi dan juga pendapatan masyarakat di desa.

“Ini bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memajukan daerah, yang ditunjang dengan akses internet yang bisa diakses di semua lapisan masyarakat di Pohuwato,” tambahnya

Supratman juga menambahkan, Program internet masuk desa sendiri merupakan salah satu program yang sudah direncanakan sejak tahun 2017.

Dimana sebelumnya, Kabupaten Pohuwato menjadi salah satu daerah di wilayah Sulawesi, yang dipilih oleh Kominfo sebagai Pilot Project pemasangan internet desa secara nasional.

Program ini merupakan salah satu program kerjasama antara Kominfo dan yayasan BAKTI.

“Terkait program ini, Beberapa desa di Kecamatan Taluduti, Awal November lalu sudah mulai dipasangkan jaringan internet.” Terangnya.

Olehnya, kedepan apa yang dilakukan di Kecamatan Taluditi, bisa juga diterapkan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Pohuwato.