Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPOHUWATO

186 Warga Binaan Lapas Pohuwato Jalani Tes HIV/AIDS

54
×

186 Warga Binaan Lapas Pohuwato Jalani Tes HIV/AIDS

Sebarkan artikel ini
Tes HIV Aids
Petugas kesehatan saat mengambil sampel darah dari salah satu warga binaan Lapas untuk dites HIV/AIDS. Foto: Humas Lapas

Pohuwato – Sebanyak 186 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIb Pohuwato jalani tes HIV/AIDS yang digelar Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Gorontalo, Rabu(06/03/2024).

Pelaksana Harian (Plh), Kalapas Pohuwato Zainal Bempah menjelaskan, upayaini sebagai langkah konkret dalam menjaga kesehatan masyarakat di lingkungan Lapas dan serta mendeteksi dini terhadap penyakit HIV/AIDS.

“Pemeriksaan ini tidak hanya bertujuan untuk identifikasi kasus, tetapi juga sebagai langkah preventif dan edukatif terhadap penanggulangan HIV/AIDS di dalam lapas,” ujar Zainal.

Ia mengatakan, bahwa tim medis yang terdiri dari tenaga kesehatan menyediakan layanan pemeriksaan dengan prinsip kerahasiaan yang ketat, sehingga warga binaan merasa aman dan terbuka saat diperiksa.

“Pemeriksaan ini, saya harapkan dapat menjadi langkah proaktif dalam meminimalkan risiko penyebaran penyakit menular didalam lingkungan lapas pohuwato dan sekitarnya,” kata Zainal.

Zainal menegaskan, pentingnya kolaborasi antara pihak lapas dan instansi kesehatan dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat, termasuk penanganan penyakit menular.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar pemeriksaan kesehatan, tetapi juga menjadi momen refleksi bagi warga binaan untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dan orang lain di sekitarnya,” imbuhnya.

Saat ini ratusan warga binaan Lapas Pohuwato masih menjalani tes HIV/AIDS.

Dulohupa - Humas Lapas Pohuwato