Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINE

17 Kelurahan di Kota Gorontalo Terendam Banjir

51
×

17 Kelurahan di Kota Gorontalo Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
banjir kota Gorontalo
Warga terdampak banjir di Kota Gorontalo, Rabu (10/7/2024) malam. Foto: Yayan

Dulohupa.id – Data sementara dari pihak BPBD Provinsi Gorontalo sebanyak 17 kelurahan di 7 kecamatan yang ada di wilayah Kota Gorontalo terendam banjir sejak sejak Rabu (10/07/2024) sekitar pukul 18.00 wita.

Hujan dengan intensitas tinggi hingga lebat yang mengguyur wilayah Gorontalo sejak siang menyebabkan dua sungai besar di Gorontalo yaitu sungai Bone dan sungai Bulango serta luapan air Danau Limboto menyebabkan banjir hampir diseluruh wilayah Kota Gorontalo.

“Ini memang curah hujan cukup tinggi dan durasinya cukup lama sehingga semua sungai yang masuk ke wilayah Kota Gorontalo termasuk luapan Danau Limboto menyebabkan debit air yang masuk di Wilayah Kota Gorontalo semakin besar,” kata Tahir Laendeng, Penata Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Gorontalo

Data sementara dari Pihak BPBD Gorontalo, wilayah di Kota Gorontalo yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Dumbo Raya sebanyak 4 kelurahan, Kecamatan Kota Barat 4 kelurahan, Kecamatan Kota Timur 4 kelurahan, Kecamatan Kota Tengah 1 Kelurahan, Kecamatan Kota Selatan 2 Kelurahan, Kecamatan Kota Utara 1 kelurahan dan Kecamatan Hulonthalangi 1 kelurahan.

Sebanyak 1.659 kepala keluarga atau sebanyak 12.487 jiwa terdampak banjir yang ketinggian air mencapai 50 cm hingga 1 meter. Namun demikian sebagian warga yang terdampak banjir terlihat masih bertahan di rumahnya masing-masing. Sementara sejumlah warga yang rumahnya sudah terendam air hingga 1 meter mengungsi di rumah dinas Walikota Gorontalo.

“Lokasi terparah yang terdampak banjir yaitu di Kecamatan Kota Selatan, terdapat di Kelurahan Limba U1, Kelurahan Limba U2, Kelurahan Molosipat, dan Kelurahan Limba B. Sebagian warga sudah mengungsi di rumah keluarga mereka, namun ada sebagian yang tidak mengungsi karena masih menjaga harta benda mereka,” kata Tahir Laendeng