Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Usir Kebosanan Siswa Belajar Daring, Dikbud Kabupaten Gorontalo Gelar Lomba Cerdas Cermat

Dulohupa.id – Sudah beberapa bulan belakangan, siswa-siswa di Gorontalo terpaksa belajar daring (online) sebagai upaya menghindari penularan COVID-19. Tidak heran, aktivitas yang di rumah saja itu membikin bosan para siswa. Menghilangkan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gorontalo, menggelar lomba cerdas cermat dan desain poster tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Gorontalo, Senin (24/8).

Kepala Dinas Pendidikan, Zubair Pomalingo ditemui usai kegiatan itu mengungkapkan, bahwa memang sejauh ini siswa-siswi tentu bosan dan jenuh dengan aktivitas belajar daring. Sehingga, pihaknya mencoba menghilangkan kejenuhan itu dengan sejumlah kegiatan offline seperti cerdas cermat tersebut.

“Lomba ini bisa dibilang bisa menghilangkan rasa kejenuhan anak-anak dan juga lomba ini ada persetujuan dari orang tua masing-masing, yang mana anaknya siap untuk mengikuti lomba tersebut,” jelas Zubair

Selain itu juga, karena masih suasana kemerdekaan RI, maka kegiatan  yang digelar di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo, juga untuk memeriahkan HUT RI ke-75 tersebut. Meski begitu, ia mengaku pihaknya membatasi jumlah peserta, karena melihat kondisi sekarang yang masih masa pandemi. Perwakilan peserta dari setiap sekolah itu kata dia dibatasi.

“Kami batasi pesertanya dari tiap-tiap sekolah yang mengikut lomba tersebut, biasanya 5 orang dari tiap sekolah ini kami batasi menjadi 3 orang, bahkan yang biasanya kami selenggarakan satu sampai tiga hari, ini sekarang kami persingkat dari satu sampai dua hari saja,” kata Zubair memungkasi pernyataanya. **

Reporter : Fandiyanto Pou