Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONALPemilu 2024Pilkada

UNG Bakal Gelar Seminar Nasional Evaluasi Pemilu

33
×

UNG Bakal Gelar Seminar Nasional Evaluasi Pemilu

Sebarkan artikel ini
Evaluasi Pemilu
Dok: UNG

Gorontalo – Indonesia telah selesai menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR dan anggota DPRD tingkat provinsi serta kabupaten/kota pada tanggal 14 Februari silam.

Dalam gelaran pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap 5 tahun tersebut harus terus dilakukan evaluasi untuk lebih mematangkan kualitas demokrasi yang ada di Indonesia.

Provinsi Gorontalo dan seluruh kabupaten dan kota juga tidak lama lagi juga akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah secara serentak yang akan digelar pada bulan November.

Berdasarkan hal tersebut, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, KPU Provinsi Gorontalo, dan Bawaslu Provinsi Gorontalo akan menggelar Seminar Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia, Proyeksi Pilkada Gorontalo, dan Pengalaman Pemilu Amerika Serikat.

Seminar nasional tersebut akan dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2024 pukul 09.30 WITA bertempat di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4.

Pembicara utama seminar nasional tersebut adalah Clint Shoemake, M.A Deputi Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya yang akan berbicara mengenai pengalaman Pemilu di Amerika Serikat.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Drs. Fadlianto Koem, S.Ag., M.Pd. Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli, S.Pd., M.AP. Sosiolog UNG Dr. Funco Tanipu, S.T., M.A. dan Wakil Direktur Gorontalo Post Dr. Femmy Kristina Udoki, M.Si akan menjadi narasumber pada seminar nasional ini.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., M.T. mengungkapkan bahwa seminar tersebut juga merupakan kelanjutan dari penandatanganan MoU antara UNG dengan KPU Provinsi Gorontalo dan Bawaslu Provinsi Gorontalo pada 9 Januari 2024 silam.