Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tim Mitigasi IDI Meminta Keamanan dan Perlindungan Bagi Para Tenaga Medis dan Kesehatan

Dulohupa.id – Tenaga medis dan kesehatan merupakan salah satu kelompok paling rentan terhadap penularan COVID-19. Dari data yang dikumpulkan oleh Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ratusan petugas kesehatan yang terinfeksi COVID-19 telah kehilangan nyawa mereka di Indonesia.

Jika dihitung, sejak Maret 2020 hingga Oktober 2020, ada sedikitnya 253 tenaga medis dan kesehatan yang dinyatakan meninggal akibat COVID-19. Jika diurai berdasarkan spesialisasi, dari jumlah tersebut, ada 141 dokter, 9 dokter gigi, dan 103 perawat.

Dari statusnya, para dokter yang wafat tersebut, 75 di antaranya dalah dokter umum, 64 dokter spesialis, serta dua dokter residen yang berasal dari 18 IDI wilayah (provinsi) dan 66 IDI cabang (kota/kabupaten).

“Lebih dari satu semester masa pandemi ini, angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan semakin bertambah dan mengkhawatirkan. Pandemi COVID-19 telah mengingatkan kita semua tentang peran penting para petugas medis dan kesehatan untuk meringankan penderitaan dan menyelamatkan nyawa masyarakat,” kata Eka Mulyana, salah satu Tim Advokasi dan Hubungan Ekstrenal dari Tim Mitigasi PB IDI.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa tidak ada negara, rumah sakit atau klinik yang dapat menjaga keamanan pasiennya kecuali jika petugas kesehatannya tetap aman dan terlindungi dari risiko terpapar COVID-19. Bahkan hilangnya pekerja medis dan kesehatan ahli tidak dapat tergantikan dalam waktu singkat.

“Sementara itu juga, ada peningkatan yang membuat prihatin adanya laporan pelecehan verbal, diskriminasi dan kekerasan fisik pada petugas medis dan kesehatan selama masa pandemi ini. Perlindungan dan keamanan para tenaga medis dan kesehatan adalah mutlak diperlukan dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, selain tentu diperlukan juga peran serta pihak-pihak lainnya baik pemerintah pusat daerah, swasta dan para tokoh agama/masyarakat (multihelix),” tutup Eka.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor