Untuk Indonesia

Tiga Tanaman Hias dengan Harga Hingga Ratusan Juta

Dulohupa.id- Pandemi COVID-19 yang berlangsung lama, membuat masyarakat memiliki kegandrungan terhadap tanaman hias. Permintaan pasar yang membludak, lantas membikin sejumlah tanaman ini memiliki harga yang terbilang tidak murah. Bahkan hingga mencapai ratusan juta.

Meski begitu, harga yang mahal tidak menjadi masalah. Banyak masyarakat yang bahkan tetap memburu tanaman tersebut meski harganya melambung tinggi.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan harga tanaman hias tersebut sangat mahal adalah karena faktor kelangkaan perkembangbiakan, keindahan, serta keunikan. Berikut, dulohupa.id merangkum tiga tanaman hias yang harganya hingga ratusan juta.

1. Mature fiddle leaf fig tree

Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon kemuning atau ketapang biola. fiddle leaf fig tree populer karena ia memiliki daun lebar dan mengkilap. Dua hal itu yang lantas menjadikan tanaman hias ini dicintai hingga diburu oleh banyak desain interior.

Akibat tingginya permintaan terhadap tanaman ini, menjadikan harganya melambung tinggi. Fiddle leaf dig dibanderol seharga USD80 sampai USD300 atau setara 1,1 juta rupiah hingga 4,2 juta rupiah.

Fiddle leaf fig mampu tumbuh hampir 50 kaki di hutan tropis. Tetapi jika dalam kondisi ruangan yang tepat, ia dapat tumbuh hingga 10 kaki.

Tanaman hias ini sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau angin, dan menyukai cahaya sinar matahari tidak langsung.

2. Variegated monstera

Monstera menempati posisi sebagai salah satu tanaman paling populer di tahun 2020. Tidak hanya di Indonesia, tanaman ini juga dicintai di Selandia baru dan di belahan dunia lainnya.

Faktor yang membuat harganya menjadi sangat mahal karena budidayanya yang lambat, sehingga tanaman ini menjadi sangat langka di pasaran.

Tanaman jenis ini dijual seharga USD700 hingga USD5000, atau setara dengan 9,8 juta rupiah hingga 70 juta. Tanaman ini hadir dalam berbagai bentuk dan corak yang cantik. Varietas hijau yang biasa dijual hanya USD20 di pusat kebun. Sementara harga varietas lainnya melambung tinggi.

3. Philodendron minima

Selain monstera, Philodendron minima juga termasuk tanaman hias yang populer. Dikenal sebagai mini monstera atau picolo, tanaman hias ini ditaksir sebesar USD50 hingga USD8. 150 atau setara Rp702.100 hingga 114 juta rupiah.

Tanaman hias ini memiliki harga yang mahal karena unik dan sangat langka. Philodendron minima yang berukuran kecil, hanya memiliki empat daun dan  warna kuning yang menakjubkan di setiap daunnya.**

Comments are closed.