Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Tata Cara Vaksinasi COVID-19 di Fasilitas Kesehatan

Dulohupa.id- Kementerian Kesehatan memberikan keterangan tentang beberapa tata cara vaksinasi di fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Dalam keterangann tersebut disebutkan, vaksinasi dilakukan pada penduduk berusia 18-59 tahun dengan memiliki kondisi tubuh sehat.

Secara teknis, untuk bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi, pasien harus datang sesuai jadwal yang tertera dalam udangan atau tiket registrasi elektronik.

Setelah itu, petugas memastikan pasien melakukan protokol kesehatan sebelum memasuki fasilitas kesehatan seperti #Pakai masker, #cucitangan dengan sabun, dan tetap #jagajarak. Jika suhu tubuh psien dibawah 37,3 celcius dan tidak memiliki keluhan maka diperbolehkah mendaftar.

Pasien yang mendatangi fasilitas kesehatan, akan dipersilahkan mendaftar sesuai nomor kedatangan dan melakukan verifikasi data. Lalu, nantinya petugas akan melakukan screening kesehatan untuk mengindentifikasi penyakit penyerta, serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana.

Setelah rangkaian itu selesai, pasien akan langsung divaksinasi oleh petugas, dan harus menunggu 30 menit untuk melihat reaksi yang terjadi setelah vaksinasi.

Namun yang perlu diperhatikan, untuk pasien yang datang namun memiliki suhu tubuh 37,3 celcius dan memiliki keluhan, maka pasien akan diarahkan ke ruang pemeriksaan. Akan diperbolehkan melakukan imunisasi jika dokter menyatakan aman. Sementara bagi yang memiliki penyakit penyerta, disarankan diiimunisasi di fasilitas rujukan, dengan dibekali surat pengantar.

“Sekarang sedang diteliti dan diupayakan untuk meminimalisir risiko-risiko yang akan terjadi, kalau memang ada risiko pasti tidak akan kita lakukan. Yang sudah diberikan ini, yang sudah aman,” kata Budi dikutip dari Youtube Kementerian Kesehatan, Senin (19/10).

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor