Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tanggapan Satuan Tugas Terkait Pembukaan Sekolah di Pohuwato

Dulohupa.id – Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pohuwato, Ramon Abjdul, menanggapi rencana Dinas Pendidikan Pohuwato yang akan membuka Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah tersebut pada Senin (7/9) mendatang.

Menurut Ramon, dinas pendidikan tak bisa membuka sekolah, kalau belum memberikan surat pemberitahuan atau surat permohonan ke gugus tugas.

“Jika wacana pembukaan sekolah mulai dilaksanakan Senin mendatang, maka dinas terkait harus menyurat ke gugus tugas, atau sekadar memberikan surat permohonan untuk dijadikan landasan,” kata Ramon saat diwawancarai di Kantor BPBD Pohuwato, Kamis (3/9/2020).

Sebab kata Ramon, pembukaan sekolah baru bisa dilakukan jika pihak dinas pendidikan mengantongi surat rekomendasi dari pihaknya.

Lagian kata dia, pihaknya membutuhkan pemberitahuan secara resmi dari dinas pendidikan untuk melihat, di desa atau kecamatan mana saja yang akan dibuka sekolahnya. Lalu pihaknya akan melihat data yang ada, apakah wilayah-wilayah tersebut berkategori zona apa dalam klasifikasi penyebaran COVID-19.

“Kalau misalnya dibuka pada zona merah, gugus tugas tidak akan mengizinkan, tapi kalau dibuka pada desa dan kecamatan yang masih zona hijau, kita bisa izinkan. (Karena) jika saat pembukaan sekolah mulai aktif nanti, dan terjadi kluster penyebaran, maka sekolah tersebut harus ditutup,” tegas Ramon.

Ramon juga menambahkan, yang paling penting dan syarat yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan adalah harus memenuhi standar protokol kesehatan. “harus pakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak, dan memakai face shield dan hand sanitizer.”

“Pokoknya dilengkapi dulu, itu kata saya ke dinas pendidikan, tapi informasi terakhir yang saya terima, pidak Dinas pendidikan telah menyiapakan itu syarat tersebut. karena sudah memenuhi syarat, maka Senin mendatang sekolah-sekolah boleh dibuka,” tutupnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor: Wawan Akuba