Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tak Hanya Jadi Lokasi Wisata, Pantai Ratu Juga Dijadikan Sebagai Lab Alam

Dulohupa.id – Pemerintah Kabupaten Boalemo, menetapkan wisata Pantai Ratu, yang berada di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Boalemo untuk dijadikan lokasi Lab Alam, untuk 3 program studi di Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Gorontalo.

Program studi tersebut seperti Program Studi Konservasi Hutan, Teknik Lingkungan dan Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Boalemo bersama UNU Gorontalo, belum lama ini.

Rektor UNU Gorontalo Dr. H. Ridwan Tohopi, M.Si menjelaskan kerja sama ini juga sudah dilaporkan pada Pengurus Besar (PB) Nahdatul Ulama (NU). Bahkan, dalam kerja sama antara UNU Gorontalo dengan Pemda Boalemo itu, selalu dimintakan progres tindaklanjut oleh PB NU.

“Alhamdulillah kerja sama ini, mendapatkan direspon dan apresiasi dari PB NU. Karena UNU Gorontalo, mengambil bagian unthk membantu pengembangan daerah terkait perikanan, hutan dan dilingkungan,” bebernya.

Lebih lanjut kata Ridwan, hal ini dilakukan semata-mata untuk pengabdian Perguruan Tinggi, terhadap daerah untuk memberikan konsep-konsep pengelolaan dan pemanfaatan hasil Bumi yang berada di Pantai Ratu.

“Pantai Ratu sudah menjadi lokasi wisata yang dikunjungi wisatawan dari lokal hingga manca negara. Maka sangat perlu Perguruan Tinggi, membantu Pemda Boalemo, untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang ada disitu. Untuk mempermudah itu semua, UNU Gorontalo mendirikan Lap Alam,” kata Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango itu. (**/Surti)