Syarif Mbuinga Tegaskan Tak Ada Penerapan PSBB di Pohuwato

Dulohupa.id- Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga dengan tegas menyatakan bahwa daerah yang dijuluki Bumi Panua itu belum akan melakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemerintah setempat belum akan menerapkan PSBB meski pada minggu kemarin terjadi lonjakan kasus COVID-19.

“Saya rasa Pohuwato belum akan melakukan kebijakan PSBB,” kata Syarif Mbuinga yang juga ketua Satgas Covid-19 Pohuwato kepada wartawan, Senin (11/1).

Kata dia, PSBB hanya berlaku di Jawa dan Bali. Mengingat, lonjakan kasus COVID-19 di daerah tersebut sangat tinggi.

“Kebijakan pemerintah pusat yang akan melakukan PSBB itu hanya berlaku di Jawa dan Bali, kami juga menunggu intruksi kebijakan secara terstruktur juga dari pemerintah. Tapi, untuk Pohuwato saya rasa belum melakukan PSBB,” tambahnya.

Apalagi kata Syarif, jumlah kasus COVID-19 di wilayah tersebut tersisa empat saja. Meski begitu, ketua Satgas Pohuwato tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan kebijakan daerah mengenai pembatasan aktivitas masyarakat dalam menggelar hajatan seperti pernikahan dan doa.

“Mari sama-sama kita tetap mematuhi protokol kesehatan, agar daerah kita selalu aman dan terhindar dari virus covid-19 tersebut,” tambah Syarif.

Reporter: Zulkifli Mangkau