Dana BST Sudah Bisa Dicairkan, Ini Syaratnya

Dulohupa.id– Kabar baik bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Kabupaten/ Kota se Provinsi Gorontalo. Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) ternyata sudah cair. Berikut tempat pengambilan dana sebesar Rp. 300.000 itu, serta cara untuk mencairkannya.

Untuk wilayah Provinsi Gorontalo sendiri, tempat pengambilan dana BST adalah di 14 Kantor Pos yang ada di Gorontalo. Namun demikian, Kantor Pos Gorontalo juga menerapkan dua strategi lain untuk mempermudah penyaluran dana BST. Pertama dengan mendatangi komunitas-komunitas penerima bantuan BST. Kedua adalah dengan mendatangi rumah masing-masing penerima BST yang berhalangan hadir karena sakit atau menyandang disabilitas.

Dana BST
Sejumlah KPM Penerima bantuan tengah antri untuk mencairkan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Gorontalo, Jumat (8/1) (F. Abdi/ Dulohupa.id)

Namun demikian, Syarat khusus untuk menerima dana BST, tetap berlaku. Yakni:

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
3. Menunjukkan dokumen asli KTP dan KK.

Menurut data yang ada di Kantor Pos Gorontalo sendiri. Jumlah penerima BST untuk wilayah Gorontalo mencapai 60.253 KPM. Masing-masing terbagi di Kabupaten Pohuwato, 21.160 KPM. Kabupaten Gorontalo, 11.046 KPM, Bone Bolango 8.264 KPM,Kota Gorontalo 7.516,Boalemo 7.484 dan Gorut sebanyak 4.783 KPM.

“Total anggaran BST untuk Gorontalo mencapai Rp 18 Milliar,” Ujar Abdul Hafidz, Kepala Kantor Pos Gorontalo, belum lama ini.

Abdul Hafidz mengatakan, Jadwal penyaluran BST sendiri sudah mulai dilakukan sejak Jumat (8/1) siang. Waktu penyaluran ini sudah sesuai dengan edaran dari Kementerian Sosial Republik Indonesia secara nasional.

“Kalo Penyaluran kita mulai hari ini (Jumat,red) kemarin kan secara Nasional sudah lounching juga se Indonesia di masing masing Kantor Gubernur” terangnya.

Sementara itu, terkait kondisi pandemi sendiri. Abdul Hafidz menegaskan, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam teknis penyaluran dana BST. Bahkan menurut Abdul Hafidz, petugas Kantor Pos tidak akan melani penerima bantuan yang tidak menggunakan masker.

 

Reporter: Abdi