Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

STIA LAN Jakarta Minimalisir Tumpang Tindih Data dengan SISTA

Dulohupa.id – Data merupakan sebuah aset dan inventaris vital, yang menjadi dasar utama untuk pengambilan keputusan manajemen. Namun, dalam kegiatan operasional sebuah instansi, seringkali terjadi kesimpangsiuran data hingga tumpang tindih data, sebab masing-masing unit memiliki data yang tidak disampaikan kepada unit lainnya.

Sehingga untuk menghindari hal tersebut, Politeknik STIA LAN Jakarta menggagas sebuah Sistem Portal Satu Data (SISTA) sebagai proyek perubahan yang dikerjakan bersama Tim Agile selama masa pandemik.

Hal ini seperti yang disampaikan Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, pada seminar proyek perubahan (proper) PKN Tingkat II LAN RI, yang diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Kabuparten Gorontalo Haris Suparto Tome, Rabu (5/82020).

Nurliah mengatakan, bahwa SISTA dibuat untuk kemudahan lalu-lintas data. Dan saat ini, SISTA sudah mulai digunakan Politeknik STIA LAN Jakarta, untuk melakukan update data kepegawaian dan input data akreditasi dari sisi keuangan, akademik, kepegawaian, dan kerja sama.

“Setiap pegawai dan dosen diwajibkan untuk meng-update data kepegawaiannya masing-masing, begitu pula bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan, juga harus melaporkan data penting terkait akademik seperti jumlah mahasiswa aktif, data dosen tetap, dan dosen tidak tetap yang mengajar. Termasuk nama mata kuliah per semester,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, “SISTA dapat meminimalisir perbedaan data maupun tumpang tindih data antara satu unit dengan unit lainnya. Hal ini otomatis akan memudahkan proses pengumpulan dokumen dalam reakreditasi prodi atau kampus,”

Sementara itu, Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto menyambut baik keberadaan SISTA ini, dan berharap bahwa SISTA dapat membuat pekerjaan inventarisasi data menjadi lebih mudah, lebih terkoordinasi dan terintegrasi.

“Intinya program ini sangat baik karena dapat menjadi jembatan atas data-data yang selama ini harus terintegrasi antara Politeknik STIA LAN Jakarta, oleh karena itu kami sangat mengapresiasi dan mendukungnya,” tutupnya. **(Dhedy)