Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Dokumen 3 Bapaslon Pilkada Pohuwato Lanjut ke Tahap Verifikasi Faktual

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, hari ini, Kamis (6/8) menggelar rapat penyampaian hasil verifikasi administrasi terhadap dokumen dukungan perbaikan dari tiga Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) untuk Pilkada Pohuwato mendatang.

Hasilnya, dokumen dukungan perbaikan tiga Bapaslon yang maju dalam Pilkada Pohuwato, melalui jalur perseorangan akan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual.

“Hari ini kami (KPU) menyampaikan hasil verifikasi administrasi terhadap dokumen dukungan perbaikan yang telah disampaikan oleh tiga Bapaslon, yang terdiri dari BA2KWK, BA2.1KWK, dan BA4KWK,” kata Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali.

Jadi dokumen yang telah disampaikan hari ini kata Rinto, “Sudah melalui beberapa mekanisme yang menghasilkan tiga berita acara. Hasilnya, tahap verifikasi administrasi telah selesai dan akan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual,” katanya saat dikonfirmasi mengenai kegiatan penyampaian hasil verifikasi administrasi di Aula KPU Pohuwato, Kamis (6/8/2020).

Ia juga menyampaikan, tiga bapaslon ini lolos tahap vermin dan akan lanjut pada tahap verifikasi faktual, yang mulai dilaksanakan dari tanggal 8-16 Agustus sesuai dengan PKPU Nomor 5 tahun 2020.

“Jadi pada tahap verifikasi faktual nanti, pihak PPS lah yang akan melakukan verifikasi faktual terhadap dokumen dukungan perbaikan dari tiga Bapaslon tersebut,” jelasnya.

Katanya juga, bahwa pada tahap verifikasi faktual nanti akan berbeda dengan tahap verifikasi faktual sebelumnya. Jika pada verifikasi faktual sebelumnya setiap PPS harus mendatangi setiap rumah, maka kali ini PPS hanya akan mendatangi setiap pendukung dalam satu desa  yang telah dikumpulkan oleh Liasion Officer (LO) masing-masing Bapaslon, untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual oleh PPS yang bertugas.

Sehingga, peran besar pada tahap verfak ini terletak pada LO. Sebab, mereka harus bekerja mengumpulkan pendukung sesuai dengan dokumen dukungan perbaikan yang sudah diserahkan ke KPU, sebagai syarat dukungan perbaikan.

“Kami juga sebelumnya sudah melakukan sinkronisasi data DPT dan DP4 dengan Dinas Dukcapil, dan sudah selesai. Tidak ada masalah di sana, makanya tahapan selanjutnya adalah verifikasi fakutal ,” tutup Rinto di akhir wawancara. **(zul)