Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Sosialisasi Kebebasan Pers ke Kalangan Polisi, Sejumlah Jurnalis Datangi SPN Batudaa

Dulohupa.id – Empat jurnalis yang masing-masing tergabung dalam organisasi profesi jurnalis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Gorontalo dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo, maupun organisasi perusahaan pers AMSI dan SMSI Gorontalo, mendatangi Sekolah Polisi Negara (SPN) Batudaa, Kabupaten Gorontalo, kemarin (19/10).

Adapun kedatangan tersebut, untuk menyosialisasikan kebebasan pers (freedom of the press) kepada para calon perwira yang sedang menempuh pendidikan di sekolah polisi tersebut.

“Tampilnya jurnalis yang merupakan unsur organisasi pers, baik organisasi jurnalis maupun organisasi perusahaan pers ini, adalah untuk menindaklanjuti gagasan yang muncul saat dialog antara pimpinan organisasi pers ini dengan Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, Sabtu (17/10/2020),” kata Helmi Rasid, Sekretaris AMSI Gorontalo kepada Dulohupa.id

Helmi mengatakan, Kapolda Gorontalo paham betul dengan kondisi yang terjadi belakangan ini, termasuk soal kekerasan yang dialami wartawan saat melakukan peliputan unjuk rasa menolak Omnimbus Law beberapa waktu lalu.

“Kapolda menyambut positif ide yang disampaikan para pimpinan organisasi pers, terutama tentang perlu adanya pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran dan fungsi pers dari tingkat menengah ke bawah di jajaran kepolisian,” kata Helmi.

Dan sebagai tindak lanjut dari gagasan itu, Kapolda Gorontalo memberi ruang bagi pers untuk bisa tampil pada pendidikan dan latihan yang digelar Polri.

“Saat ini kita pers baru tampil di PAG calon Perwira. Mungkin ke depan nanti, bisa diagendakan lagi untuk penerimaan Bintara dan pendidikan lainnya yang ada di kepolisian,”

“Kalau gagasan ini disetujui POLRI secara institusi, mungkin ini menjadi yang pertama di Indonesia, di mana unsur pers dilibatkan dalam sistem pendidikan yang ada di kepolisian. Dan saya yakin, ini menjadi salah satu ikhtiar yang akan mereduksi kekerasan terhadap jurnalis maupun pers,” kata Helmi.

Selain Helmi, tiga jurnalis lainnya adalah Fadli Poli, Sekretaris PWI Gorontalo, Irwanto Achmad SMSI Gorontalo, dan Wawan Akuba Sekretaris AJI Gorontalo.

Reporter: Mega