Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Soal Klaim Hasil Verifikasi Faktual, KPU Pohuwato: Belum Ada Hasil Akhirnya

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menegaskan, belum ada hasil akhir dari pihak KPU mengenai hasil verifikasi faktual dukungan perbaikan dari masing-masing Bapaslon. Sebab, sampai dengan saat ini proses dari tahapan verifikasi faktual masih berlangsung.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, mengonfirmasi, bahwa tahapan verifikasi faktual perbaikan baru akan selesai pada tanggal 16 Agustus, dan masih akan menunggu mekanisme selanjutnya.

“Sampai dengan saat ini, proses verifikasi faktual masih terus berjalan, sementara berlangsung sampai dengan tanggal 16 Agustus. Jadi saat ini kita masih menunggu proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh PPS selesai,” kata Rinto kepada wartawan Dulohupa.id, Kamis (13/8/2020).

Rinto juga mengatakan, kalau terkait klaim yang ada, itu kembali lagi ke Bapaslon. Kalau dari pihkanya sendiri, ia menegaskan bahwa sampai dengan saat ini verifikasi faktual masih terus berjalan, dan belum ada hasil akhirnya.

“Mungkin berdasarkan data pendukung yang dikumpulkan oleh LO pada setiap Verfak dilangsungkan menjadi pegangan dari setiap Bapaslon. Tapi dari pihak KPU sendiri belum ada hasil akhirnya, tahapan verifikasi masih berlangsung dan kami akan menunggu sampai prosesnya selesai,” tegas Rinto saat wawancara.

Kata Rinto juga, pada tanggal 16 Agustus batas verifikasi faktual, lalu dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan tanggal 17-19 Agustus, setelah itu dilanjutkan lagi di tingkat kabupaten pada tanggal 20-21 Agustus.

“Tanggal 20 hingga 21 Agusutus itu akan ada pleno, mengenai mana Bapaslon yang memenuhi syarat minimal dan mana yang tidak memenuhi syarat minimal pada tanggal tersebut. Baru setelah mekanisme itu selesai, kita akan mengetahui hasil akhirnya,” jelasnya.