Sidak ke Pasar Limboto, Wabup Gorontalo Temukan Banyak Pelanggaran Prokes

Dulohupa.id– Kesadaran warga untuk patuh protokol kesehatan nampaknya masih sangat rendah. Menyusul sejumlah temuan petugas di sejumlah tempat umum yang sebagian besar pengunjungnya masih melanggar protokol kesehatan. Selasa (12/1) Wakil Bupati Gorontalo, Herman Walangadi menjadi saksi langsung beragam pelanggaran protokol kesehatan di Kabupaten Gorontalo. Melakukan sidak di Pasar Mingguan Limboto, Herman mendapati sejumlah pedagang dan pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Orang nomor dua di Kabupaten Gorontalo itu bahkan sempat kesal dan marah saat mendapati sejujmlah pedagang dan pengunjung yang kedapatan tidak menggunakan masker. Padahal menurut Herman, penggunaan masker adalah salah satu aturan paling mendasar dalam penerapan Prokes saat pandemi Covid-19 terjadi.

Hermanpun langsung memberikan teguran lisan kepada para pengunjung dan pedagang yang tidak menggunakan masker. Bahkan Herman nampak memakaikan langsung masker kepada sejumlah pengunjung yang tidak menggunakan masker.

“Hari ini (Selasa,red) saya tinjau langsung ke pasar, masih banyak pedagang dan pengunjung yang tidak menaati protkes. Jadi itu harus di waspadai dan tolong tetap patuhi protkes saat berjualan dan keluar rumah,” tegasnya.

Olehnya kedepan menurut Herman, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan melakukan penataan pasar agar sesuai dengan protokol kesehatan.

“Memang sudah dari awal – awal sudah ada penataan. Tapi yang lain masih tetap berjualan disitu, kemungkinan mengejar pembeli. Olehnya saya minta ke petugas pasar segera benahi tempat itu, agar tidak terjadi kerumunan,” tandasnya.

 

Reporter: Fandiyanto Pou