Sempat Hijau, Status Pohuwato Zona Kuning Covid-19

Dulohupa.id – Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19 Kabupaten Pohuwato, Ramon Abdjul mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Pohuwato berada di zona kuning, yang sebelumnya berada di zona hijau.

Data dari Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo menyebutkan, Pohuwato berada di zona kuning, dengan kasus kumulatif yang positif sebanyak 120 orang per tanggal 30 November 2020 kemarin.

“Saat ini memang Pohuwato berada di zona kuning, sebelumnya di zona hijau. Data saat ini  ada 120 orang positif, 115 sembuh, 3 meninggal, dan dua perawatan/isolasi,” Ujar Ramon. Saat di konfirmasi Dulohupa.id, via telpon, Selasa (1/12).
Menurut Ramon, beralihnya zona Pohuwato ke zona kuning tersebut, Setelah dua orang guru terkonfirmasi positif. Usai melakukan swab test massal, oleh Pemerintah provinsi terhadap guru ASN dan honorer di Gorontalo.
“Dua orang yang masih menjalani perawatan/isolasi adalah dua orang guru yang positif pada tes kemarin,” terangnya.
Namun, Mereka yang terkonfirmasi positif tidak memiliki gejala sama sekali, dan akan bisa beraktivitas kembali beberapa hari lagi setelah melakukan isolasi.
“Semoga beberapa hari ke depan ini keadaan mereka sudah membaik dan sembuh dari Covid-19,” katanya.

TNI, Polri, Satpol PP dan Satgas Covid-19 hingga saat ini telah melaksanakan penegakan protokol kesehatan di Kabupaten Pohuwato, Secara masif.

“Bagi pelanggar yang kedapatan tidak mematuhi prokes akan langsung kami tindak dengan melakukan pembinaan di kantor kepolisian,” ujarnya.

 

Pelanggar Akan Dipakaikan Rompi Pelanggar

Bahkan Ramon mengungkapkan, pelanggar yang kedapatan tidak patuh akan menjalani sanksi menggunakan rompi pelanggar.

“Rompi itu sudah siap, jika kedapatan ada masyarakat yang melanggar, akan kami pakaikan rompi tersebut.” tegasnya.

Lebih lanjut Ramon mengungkapkan, beberapa hari terakhir ini, saat tim gabungan melakukan patroli pendisiplinan prokes belum ada masyarakat yang kedapatan melanggar.

“Kami juga tentu berharap kepada masyarakat agar selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Meski berada di luar rumah atau di tempat-tempat umum lainnya,” harap Ramon di penghujung telpon.

*Liputan untuk Program Fellowship Perubahan Perilaku Kolaborasi Dewan Pers dengan Satgas Pencegahan Covid-19.

 

Reporter : Zulkifli Mangkau