Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Sebelum Diedarkan, Begini Tahap Uji Klinis Vaksin untuk COVID-19

Dulohupa.id – Pemerintah saat ini sedang berupaya menyelesaikan uji klinis vaksin COVID-19. Targetnya, vaksin tersebut akan tersedia dan menjangkau masyarakat pada 2021 mendatang. Adapun calon vaksin dari Sinovac itu tiba pada 19 Juli 2020 di Bio Farma Indonesia. Ada 2.400 dosis dari pengiriman pertama ini untuk kebutuhan fase uji klinis tahap ketiga.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito memastikan, vaksin yang akan disuntikkan kepada masyarakat sudah terbilang aman, karena sudah melalui beberapa tahap uji klinis. Baik vaksin yang dikembangkan dengan negara lain, maupun Vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan pemerintah.

“Vaksin yang nantinya masuk ke Indonesia harus dipastikan secara data dan penelitian aman bagi masyarakat. Pengembangan vaksin umumnya butuh waktu dan proses yang cukup panjang,” kata Wiku, saat jumpa pers perkembangan penanganan COVID-19 di Istana Kepresidenan, Selasa (6/10).

Kata Wiku, tahapannya dimulai dari penelitian dasar. Ilmuwan menelusuri mekanisme potensial berdasarkan ilmu sains biomedis. Vaksin akan dibuat dalam jumlah terbatas untuk bisa memasuki uji praklinis dan uji klinis tahap satu hingga tiga.

Secara rinci, dalam tahap uji praklinis dilakukan studi sel di laboratorium yaitu studi in Vitro dan in Vivo untuk mengetahui keamanan bila diujikan pada manusia. Setelah itu, baru memasuki uji fase satu, di mana vaksin diberi pada sekelompok kecil orang untuk melihat respon imunitas dan kekebalan.

Wiku mengatakan, pada fase dua, vaksin diberikan pada ratusan orang sehingga para ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang dosis yang tepat. Sedangkan fase tiga, vaksin diberikan pada ribuan orang untuk memastikan keamanannya termasuk efek samping yang jarang terjadi.

Uji coba ini melibatkan kelompok kontrol yang diberi placebo, artinya kelompok kontrol adalah masyarakat yang disuntik tapi tidak dengan vaksin. Melalui proses uji klinis ilmuwan dapat mengetahui apakah vaksin menimbulkan efek samping atau tidak. Apalagi mengingat belum ada vaksin COVID-19 yang lulus uji klinis tahap tiga, sehingga kewaspadaan dan monitoring terhadap keamanan vaksin terus dilakukan.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega
Editor  : Wawan Akuba