Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Satgas Penanganan COVID-19 Apresiasi Lima Provinsi yang Berhasil Tekan Angka Kematian

Dulohupa.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan kematian, sehingga berkontribusi pada penurunan angka kematian secara nasional pekan ini.

“Di pekan lalu menurun 7,7%. Sedangkan di pekan ini menurun 9,9% dari pekan sebelumnya,” katanya saat konferensi pers, Selasa (13/10).

Kata Wisnu, bahwa provinsi yang sebelumnya berada di lima besar kematian tertinggi, saat ini telah berhasil menekan angka kematiannya, sehingga keluar dari lima besar. Provinsi tersebut antara lain Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh dan Papua.

Sementara provinsi dengan kenaikan angka kematian tertinggi antara lain DKI Jakarta naik 65, Jawa Tengah naik 7, Kepulauan Riau naik 4, Kalimantan Tengah naik 3, dan Sulawesi Tengah naik 2.

Wiku mengimbau, provinsi yang masuk ke dalam lima besar kenaikan kematian tertinggi, agar dapat melaksanakan penanganan COVID-19 dengan baik. Terutama kata dia, pada pasien dengan gejala sedang dan berat, serta pasien dengan penyakit bawaan.

“Tingkatkan kualitas pelayanan COVID-19 di rumah sakit. Perbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan. Melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan satuan tuga apabila membutuhkan bantuan dalam penanganan COVID-19,” tutupnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Redaksi