Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Satgas COVID-19 Pohuwato Izinkan Kegiatan Deklarasi Bapaslon, Ini Syaratnya

Dulohupa.id – Sekretaris Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Pohuwato, Ramon Abdjul mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengizinkan masing-masing Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Pilkada Pohuwato, menggelar kegiatan deklarasi. Hal itu ia ungkapkan saat ditemui di kantor BPBD Pohuwato, Kamis (3/9)

“Kemarin kita sudah rapat koordinasi dengan panitia calon pasangan, pihak KPU, Bawaslu, dan pihak keamanan Kepolisian dan TNI terkait persiapan Pilkada Pohuwato 2020, serta pembicaraan lainnya terkait deklarasi dari bakal calon yang akan melakukan deklarasi hari ini (3/9/),” kata Ramon.

Meski deklarasi itu dilakukan di zona hijau penyebaran COVID-19, namun kata Ramon, ada syarat yang mesti dipenuhi oleh panitia penyelanggara deklarasi.

“Syarat untuk melaksanakan deklarasi itu antara lain, dilakukan di tempat terbuka, berada di zona hijau, massa yang hadir harus setengah dari kapasitas tempat yang digunakan, harus memperhatikan prokes (protokol kesehatan), dan ada pernyataan sikap dari panitia untuk dapat menerapkan prokes,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, panitia yang dari masing-masing calon yang akan melakukan deklarasi sudah bertemu dengan pihak Satgas. Hasil dari pertemuan itu, kedua panitia yang menyelenggarakan deklarasi sudah menyatakan sikap untuk menaati prokes saat deklarasi nanti.

Lanjut Ramon, “yang kami khawatirkan jika tidak memenuhi syarat tersebut, akan muncul kluster baru saat deklarasi ini dilangsungkan. Jadi menjadi tanggung jawab panitia untuk selalu mengingatkan prokes saat deklarasi berlangsung, pemegang kendali saat deklarasi ini ialah panitia”.

Sebab, “hal terburuk yang akan terjadi jika massa yang hadir dalam deklarasi tersebut (jika) mengabaikan prokes, dan tidak displin (seperti menjaga jarak) maka pihak kepolisian akan membubarkan deklarasi itu, tapi, sebelum dibubarkan, pihak keamanan akan memperingatinya terlebih dahulu,” lanjut Ramon

Untuk mengawal kebijakan tersebut, maka diturunkan ratusan personil kepolisian untuk mengawasi jalannya deklarasi.

Reporter: Zulkifli Mangkau