Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Sampah Tukar Sembako, Solusi DLH Pohuwato Mengurangi Sampah

Dulohupa.id –

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pohuwato punya cara tersendiri untuk mengurangi volume sampah yang ada di Kabupaten Pohuwato. Caranya, menukar sampah dengan sembako, Kamis (1/10/2020).

Program sampah tukar sembako ini kata Kadis DLH Pohuwato, Bahari Gobel, kepada wartawan dulohupa.id, selalu diagendakan setiap hari Kamis. Mekanismenya, pihak DLH akan menunggu masyarakat di kantor DLH Pohuwato yang akan menukarkan sampahnya.

Kata Bahari, daripada sampah itu terabaikan dan justru mengotori lingkungan, maka pihaknya terpikirkan untuk membelinya dan nantinya akan mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Adapun menurut dia, sejak diprogramkan pada tahun 2017 kemarin, sampah tukar sembako memang punya pengaruh terhadap penurun volume sampah di Pohuwato.

“Selama program sampah tukar sembako ini berjalan, terjadi penurunan volume sampah. Bukti berkurangnya sampah itu ialah kami sudah berhasil mengirim olahan sampah plastik yang berbahan mentah ke luar daerah, untuk diolah kembali menjadi produk-produk rumah tangga dan produk lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bahari menjelaskan, sampah yang bisa ditukar dengan sembako itu ada jenisnya, seperti kardus, plastik- plastik yang berbahan keras, bekas kursi plastik yang sudah rusak, kipas angin, piring plastik, gelas plastik, dan sampah lainnya. Intinya seluruh sampah berbahan plastik pada umunya, akan dihargai dengan sembako.

Selain itu katanya, selain menunggu sampah plastik yang dijual oleh masyarakat, pihaknya juga selalu mengarahkan petugas ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk mencari sisa-sisa sampah plastik yang berakhir di sana.

“Di TPA itu potensi untuk sampah plastik sangat banyak, makanya kami selalu mengarahkan petugas untuk mengumpulkan sampah plastik dan kemudian didaur ulang,” terangya.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba