Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Karena Pertimbangan Ini, Pemkab Gorontalo Belum Akan Terapkan PSBB

Dulohupa.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dipastikan belum akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dikarenakan kasus Covid-19 di kabupaten tersebut terus mengalami penurunan, terlebih dalam tiga minggu belakangan. Itu sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Rony Sampir kepada dulohupa.id.

“Sebagimana instruksi Pjs Bupati, kita akan menegakan prokes dengan melibatkan lintas sektor dalam mengurangi kerumuman. Seperti halnya kegiatan di Menara Limboto mulai malam ini lampu-lampu di menara untuk sementara waktu dipadamkan,” unkap Rony saat ditemui usai ikuti rapat di kantor Bupati Gorontalo, Kamis (01/10).

Selain itu, Rony menjelaskan izin keramaian juga akan diperketat. Untuk mendapatkan izin tersebut harus ada surat dari gugus tugas serta rekomendasi dari Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Jika ada kegiatan yang tak mematuhi prokes, maka kegiatan itu akan dibubarkan,” tegasnya

Untuk sanksi, pihaknya masih menunggu pengesahan peraturan daerah (perda) oleh Gubernur Gorontalo yang rencananya pekan depan sudah ada selesai.

“Banyak pelanggaran yang dilakukan masyarakat dikarenakan sanksi yang diterapkan belum maksimal. Olehnya dengan adanya perda penerapan saksi bagi yang melanggar prokes akan lebih tegas,” tandasnya

Sementara itu Kepala BPBD Kabupatan Gorontalo yang juga sekertaris gugus tugas penanganan Covid-19, Sumanti Maku mengatakan, saat ini Kabupaten Gorontalo masih berada di zona kuning. Sehingga tidak memberlakukan PSBB. Ini dikarenakan, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gorontalo.

“Untuk menekan penyebaran Covid-19 tak hanya sekedar cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker tetapi juga harus mematuhi himbauan pemerintah. Sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” tutup Sumanti.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Fandiyanto Pou
Editor  : Wawan Akuba