Scroll Untuk Lanjut Membaca
CEK FAKTAHEADLINEPemilu 2024

[Salah] Pemilu di KBRI Malaysia, Prabowo-Gibran Diklaim Menang Mutlak

91
×

[Salah] Pemilu di KBRI Malaysia, Prabowo-Gibran Diklaim Menang Mutlak

Sebarkan artikel ini
Prabowo Gibran Menang
Tangkapan video yang memperlihatkan warga merayakan kemenangan pasangan Prabowo Gibran di Malaysia adalah hoaks/Ist

Dulohupa.id – Sebuah video beredar di media sosial yang mengklaim pasangan calon (Paslon) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di Malaysia.

Mereka disebut menang mutlak dalam Pemilu 2024 ini. Dalam video yang diunggah akun TikTok @apasajachanel6311 tersebut, diklaim bahwa Prabowo Gibran berjaya di Negeri Jiran. Unggahan tersebut dibagikan pada Selasa 13 Februari 2024. “pemilu di KBRI Malaysia 02 berjaya,” ucapnya.

Selain itu, dia juga menyertakan beberapa video yang digabungkan menjadi satu. Konten tersebut berisi kerumunan pendukung Prabowo-Gibran di Malaysia yang sibuk menyerukan nama pilihan mereka. “Pemilu di KBRI Malaysia. Pemilu 2024 di Johor Bahru Malaysia digelar 5-11 Februari 2024. DPT 119.491 orang,” tutur narasi video.

“Paslon 02 di Malaysia menang mutlak. Tinggal yang di Indonesia nih,” ujarnya menambahkan. Lalu, benarkah klaim bahwa Prabowo-Gibran menang mutlak di Malaysia? Berikut penjelasannya.

Hasil Penelusuran

Berdasarkan hasil penelusuran Pikiran-Rakyat.com, video yang diunggah oleh akun TikTok @apasajachanel6311 bukanlah hasil penghitungan suara. Melainkan, potret Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia kala akan melakukan pencoblosan.

Selain itu, dalam video tersebut juga tidak disertakan adanya video proses maupun hasil penghitungan suara. Akun tersebut hanya menampilkan video pendukung Prabowo Gibran yang antusias menyerukan dukungannya di lokasi pemungutan suara.

Selain itu, video kerumunan serupa juga sudah banyak diunggah WNI di Malaysia beberapa hari sebelumnya. Salah satunya oleh akun TikTok @reportase8.com yang memperlihatkan video yang sama dengan video pertama dalam unggahan @apasajachanel6311.