Scroll Untuk Lanjut Membaca
Pemilu 2024

RS Toto Kabila Siap Layani Caleg yang Stres Pasca Pemilu

28
×

RS Toto Kabila Siap Layani Caleg yang Stres Pasca Pemilu

Sebarkan artikel ini
RS Toto Kabila siap layani Caleg stres
Kasie Pelayanan Medik RS Toto Kabila, Stevanus Usman Foto/Yayan

Dulohupa.id – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), banyak faktor yang kemudian dipersiapkan untuk menghadapi proses penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dalam hal kesiapan pelayanan kesehatan, salah satunya ialah kesiapan Rumah Sakit (RS)untuk memberikan layanan untuk Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang alami depresi/stres usai kalah dalam pertarungan.

Menurut keterangan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Medik RS Toto Kabila, Stevanus Usman bahwa pihaknya telah siap untuk membantu para kontestan yang mengalami stres.

“Kami juga memiliki dokter spesialis jiwa (penyakit jiwa) untuk dilakukan penanganan,” ujar Stevanus kepada Dulohupa.id Rabu (07/02/2024).

Kata Stevanus, nantinya disetiap kecamatan akan ada petugas dari puskesmas yang terjun ke lokasi jika terdapat laporan. Setelah itu, akan berkoordinasi dengan pihak RS untuk diberikan penanganan lanjutan.

Selain itu, dokter tersebut mengungkapkan bahwa untuk para caleg yang nantinya bisa saja mengalami depresi/stres karena Pemilu, tinggal menunggu adanya pemicu.

“(Caleg stres) biasanya begitu ada pencetus (pemicu), selain itu juga ada faktor-faktor lain,” pungkas dr Stevanus.

Sementara itu, dikutip dari liputan6.com, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa ada berbagai penyakit gangguan jiwa atau mental disorder yang dialami masyarakat. Biasanya seseorang mengalami gangguan jiwa secara bertahap, dimulai dari anxiety atau kecemasan hingga depresi.

“Biasanya kan penyakit jiwa itu kan macem-macem atau mental disorder. Mulanya anxiety, cemas. Anxiety tuh kayak sekarang tuh mau pemilihan kan cemas. Baru setelah itu ada depression disorder, tapi biasanya itu kan udah pemilu, sudah tahu kalah baru tahu depresi,” beber Budi, menjelaskan.

Reporter: Yayan
banner