Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMKAB GORONTALO

RPJMD Kabupaten Gorontalo 2016-2021 Melebihi Target

119
×

RPJMD Kabupaten Gorontalo 2016-2021 Melebihi Target

Sebarkan artikel ini
Nelson Pomalingo-dulohupa.id-
Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd. Foto : Fandiyanto Pou untuk Dulohupa.id

Dulohupa.id – Capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gorontalo tahun 2016-2021 berhasil melebihi target. Dari data yang ada, rata-rata realisasi program dari berbagai sektor mencapai angka 102,53 persen.

RPJMD sendiri merupakan dokumen pembangunan dalam waktu lima tahun yang berisi visi-misi kepala daerah, yang juga berpedoman pada RPJMD sebelumnya, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), hingga berbagai macam aspirasi masyarakat.

“Kalau diakumulasikan 102,53 persen. Itu adalah pencapaian yang gemilang atau melebihi target,” kata Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo, Cokro Katili, usai kegiatan Evaluasi RPJMD Kabupaten Gorontalo tahun 2016-2021, di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin (15/02/2021).

Cokro mengatakan, penilaian capaian RPJMD ini tidak hanya berdasarkan program yang melebihi target saja, tapi juga program yang capaiannya tergolong tinggi, sedang, bahkan rendah.

“Penilaian RPJMD itu ada pencapaian gemilang, ada yang tinggi, ada yang sedang, dan ada yang rendah,” jelasnya.

Secara terpisah, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menegaskan bahwa capaian RPJMD 2016-2021 bukan saja merupakan hasil kerja dirinya sendiri, tapi kerja seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Walaupun ada beberapa yang rendah seperti di bidang pendidikan, kita tetap bangga karena ada yang gemilang dan tinggi,” tutur Nelson.

Ia berharap, hasil evaluasi dari RPJMD kali menjadi pedoman dari seluruh jajaran Pemkab Gorontalo dalam merancang dan menjalankan RPJMD 2021-2026, agar pembangunan diwaktu mendatang pebih baik dari sebelumnya.(adv)