Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Relawan Muda di Pohuwato Sosialisasi Protokol Kesehatan di 13 Kecamatan

Dulohupa.id – Sebanyak 117 relawan pencegahan COVID-19 yang tergabung dalam gerakan Young Volunteer, sejak dua hari kemarin menyosialisasikan pentingnya 3M (Menjaga jarak, rajin Mencuci tangan, dan Memakai Masker), kepada masyarakat di Kabupaten Pohuwato.

Hingga saat ini, setidaknya 80 persen dari wilayah tugas di 13 kecamatan di Kabupaten Pohuwato, telah dikunjungi oleh seluruh relawannya dalam rangka menyosialisasikan 3M tersebut. Relawan kata Fauzan, dituntut memberikan pengetahuan dan melakukan penyadartahuan kepada masyarakat terkait pentingnya menaati protokol kesehatan.

“Aksi relawan edukasi yang tergabung dalam Gerakan Young Volunteer ini punya tujuan untuk mengurangi peningkatan kasus COVID-19 di Pohuwato, tentunya upaya itu harus dibarengi edukasi kepada masyarakat, agar mereka dapat mencegah penyebaran di lingkungan mereka tinggal,” ujar Fauzan Azim kepada Dulohupa.id, Rabu (13/10)

Ia menerangkan, respon yang positif ditunjukan masyarakat ketika dikunjungi oleh relawan dari gerakan Young Volunteer. Tidak sedikit bahkan dari mereka kata Fauzan, mendapat pujian dari masyarakat yang mereka datangi.

Azhar Baidu misalnya, relawan yang bertugas sebagai koordinator Young Volunteer Kecamatan Duhiadaa itu mengakui, jika timnya mendapat respon tegas dari masyarakat. Salah satu masyarakat Desa Buntulia Selatan yang dijumpai saat itu meminta, agar pemerintah melakukan inspeksi dadakan terkait penggunaan masker.

“Kalau boleh disidak dan ditindak tegas saja agar menimbulkan efek jera kepada pelanggar,” kata Azhar meniru ucapan salah satu masyarakat yang mereka jumpai.

Beda halnya dengan Risky Djauhari, koordinator kecamatan Paguat. Ia menjelaskan, jika timnya saat melakukan sosialisasi mendapatkan pengawalan dari anggota Polsek dan Koramil Paguat.

“Masyarakat Paguat yang kami temui di pasar, sebagian besar tidak menggunakan masker. Mereka punya masker namun disimpan dalam kantong masing-masing, mereka mungkin belum terbiasa menggunakan masker, ” ujar Risky.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau