Untuk Indonesia

Purna Tugas, Bupati Blitar Pamit dengan Tiga Pesan Ini

Dulohupa.id, BLITAR– Masa bakti Bupati dan Wakil Bupati Blitar resmi berakhir pada 16 Februari 2021 kemarin. Melepas jabatannya tersebut, Bupati Blitar, Rijanto mengadakan acara perpisahan untuk berpamitan kepada seluruh pejabat di kabupaten tersebut.

“Sesuai mekanisme dan peraturan yang ada, masa jabatan Bupati periode 2016 – 2021 berakhir hari ini. Sebagai Bupati, saya punya tanggungjawab untuk berpamitan kepada teman-teman”, ucapnya, Selasa (16/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ia menekankan setidaknya tiga hal kepada para pejabat di kabupaten tersebut.

“Bekerja itu tanpa diperintah karena pada dasarnya semua sudah punya tupoksi. Jadi tidak perlu dioyak-oyak (disuruh-suruh). Kemudian, disiplin tanpa diawasi. Namanya birokrat kalau memegang teguh disiplin dari dirinya sendiri hasilnya dalam organisasi akan baik. Berikutnya, bertanggung jawab tanpa diminta”, tutur orang yang pernah dijuluki Camat Jepang ini.

Sebagai senior dan sebagai orang tua, Rijanto ingin di era keterbukaan ini semua bekerja profesional, menguasai peraturan, tetapi loyalitas tetap dijunjung tinggi.

Ia menambahkan, loyalitas itu bukan asal bapak senang atau ibu senang, tapi bekerja bagus sesuai ketentuan yang ada. Hasilnya betul-betul baik, bermanfaat bagi pemerintah daerah, dan masyarakat.

Rijanto pun tak lupa memohon maaf karena menurutnya, selama puluhan tahun bekerja, tentu tak luput dari kesalahan.

“Kalau dihitung-hitung, sekitar 46 tahun saya bekerja. Selama 36 tahun menjadi birokrat dan 10 tahun jadi Wakil Bupati dan Bupati. Dan ini hari terakhir, tentunya saya harus pamit pada mereka. Disamping itu saya juga perlu mohon maaf manakala ada kesalahan yang saya sengaja maupun tidak”, kata Rijanto.

Ia pun berharap kepada seluruh mantan anak buahnya ini agar menyatu, mendukung pimpinan daerah yang baru.

Sementara itu, seorang ASN yang telah bekerja hampir 25 tahun di lingkup Pemkab Blitar mengungkapkan kesannya terhadap Rijanto. Ia mengatakan bahwa sosok Rijanto sangat luar biasa.

“Pak Rijanto selain pekerja keras juga disiplin. Tidak hanya memberi perintah tapi memberikan keteladanan. Misalnya akan ada kegiatan yang dimulai jam 8, beliau pasti hadir tepat waktu”, katanya.

Reporter: Soni Irawan

Comments are closed.