Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

PUPR Provinsi Akan Datangkan Konsultan Terkait Danau Perintis

76
×

PUPR Provinsi Akan Datangkan Konsultan Terkait Danau Perintis

Sebarkan artikel ini
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kiri) didampingi Wabub Bone Bolango Kilat Wartabone (kiri) saat meninjau proses pembersihan Danau Perintis di Desa Huloduotamo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (19/6/2019). (Foto: Salman-Humas).

DULOHUPA.ID – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto mengatakan akan segera mendatangkan konsultan terkait Danau Perintis untuk melakukan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Hal tersebut ia samapikan saat mendampingi langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat melakukan peninjauan pekerjaan Revitalisasi Danau Perintis yang berada di Kabupaten Bone bolango, Jumat (21/06).

Pekerjaan revitalisasi Danau Perintis merupakan hasil rapat koordinasi, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan saat ini baru sebatas pengerukan dibeberapa titik danau yang mulai mengalami pendangkalan oleh enceng gondok dan tumbuhan lainnya.

“Danau perintis saat ini sementara di revitalisasi terdiri dari dua luasan, yaitu luasan lengkap termasuk kesmen area sekitar 560 hektar dan untuk luasan yang sekarang tergenang air sekitar 23 hektar dan ini yang sedang kita revitalilsasi,” kata Handoyo.

Namun untuk memperjelas status danau menjadi embung, lanjut Handoyo pihaknya akan meninjau kembali, sekaligus memeriksa lagi dokumen-dokumen yang pernah ada dan akan segera mendatangkan konsultan, untuk melakukan Sistem Informasi Geografis (SIG).

“Kita akan tinjau lagi apa-apa dokumen perencanaan yang pernah ada disni, kemudian kita akan sesuaikan untuk kebutuhan kedepan dan kita juga tahun ini akan mendatang konsultan, setelah status danau ini menjadi embung kemudian kita akan serahkan ke pemerintah pusat (Kementerian PUPR),” imbuhnya. (DP/02)