Scroll Untuk Lanjut Membaca
PERISTIWA

PTUN Batalkan SK Pelantikan Kades Marisa Utara

597
×

PTUN Batalkan SK Pelantikan Kades Marisa Utara

Sebarkan artikel ini
Kades Marisa Utara
Informasi Surat putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Gorontalo/PTUN

Dulohupa.id – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Provinsi Gorontalo membatalkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pohuwato atas pengangkatan atau pelantikan Ilham Langago menjadi Kepala Desa (Kades) Marisa Utara, dengan nomor surat 470/22/lX/2022.

PTUN menganggap Ilham Langago diduga melakukan pelanggaran dalam pemilihan kepala desa serentak pada bulan Agustus kemarin.

Hal itu tertuang pada nomor putusan 20/G/2022/PTUN.GTO yang mana PTUN mengabulkan gugatan penggugat Piter Pakaya untuk seluruhnya membatalkan putusan Bupati Pohuwato.

Seperti apa yang disampaikan kuasa hukum Andrianus Suleman, dirinya menyampaikan gugatan Piter Pakaya seluruhnya dikabulkan hakim.

“Untuk putusannya, Alhamdulillah kami selaku kuasa hukumnya pak Piter sebagai penggugat, Alhamdulillah gugatan kami dikabulkan hakim untuk seluruhnya. Membatalkan putusan Bupati tentang pengangkatan dan pelantikan Kades Marisa Utara. Kemudian PTUN juga mengajukan kepada Bupati untuk mencabut surat keputusan tentang pengangkatan dan pelantikan saudara Ilham Langago menjadi Kepala Desa Marisa Utara,”ungkap Andrianus Suleman, Rabu (14/12/2022).

Andrianus juga menjelaskan, fakta dipersidangan Piter Pakaya mendapati beberapa kejanggalan dalam pemilihan kepala desa tersebut. Seperti, surat suara melebihi daftar pemilih tetap (DPT), dan juga panitia dan BPD melakukan pembukaan surat suara tanpa disaksikan oleh para saksi.

“Sesuai fakta persidangan, semua itu terbukti, sehingga gugatan pak Piter dikabulkan majelis hakim. Dalam fakta persidangan juga ada pengakuan dari BPD bahwa ada surat suara yang tidak ditandatangani,”jelasnya.

Reporter: Hendrik Gani