Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

PSBB, Gubernur Tinjau Perbatasan Utara Gorontalo

Dulohupa.id– Seolah tak ada lelahnya, sejak pandemi menghantam wilayah tugasnya, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, terlihat wara-wiri di seluruh Kabupaten Kota se-Provinsi Gorontalo. Orang nomor satu di Provinsi Gorontalo itu, terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 di Gorontalo.

Belum lama ini, Rusli Habibie kembali mendatangi ujung utara perbatasan Provinsi Gorontalo. Tepatnya di Posko Perbatasan Gorontalo, di Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Rusli nampak berbincang dengan sejumlah elemen petugas yang ada di posko, baik dari petugas keamanan, hingga petugas kesehatan yang saat itu tengah bertugas.

“Apa-apa yang dibutuhkan untuk kelengkapan posko, apakah APD, tempat tidur, dan lainnya tolong diberitahukan,” Ujar Politisi Partai Golkar itu dengan nada bersungguh-sungguh.

Selain itu, Rusli juga menekankan, perlu peningkatan pengawasan untuk pengendara yang masuk dan keluar perbatasan. Pengendara diwajibkan menggunakan masker, dan kenderaan wajib disemprot dengan disinfektan.

“Jika ada kendaraan mencurigakan, diberhentikan. Kalau bawa sayur, logistik, diperiksa, tapi jika ada indikasi (corona), langsung disuruh pulang, di karantina,” tegas Rusli.

Sementara itu, mendampingi kunjungan Gubernur Gorontalo, Camat Tolinggula, Rizal Yusuf Kune, menjelaskan bahwa setiap hari terdapat sejumlah 300 petani sekitar Tolinggula yang keluar masuk perbatasan untuk bertani di wilayah Sulawesi Tengah. Sebagian besar merupakan petani jagung.

”Mereka pukul 05.30 wita sudah start dari sini dan pulang sekitar pukul 17.00 wita, bahkan ada yang malam. Tapi ini kita sudah batasi,” ujarnya.

Lebih kanjut Rizal menambahkan, pihaknya juga telah mengusahakan kartu identitas dan surat keterangan dari pemerintah desa bagi warga sekitar yang sering melintas di wilayah perbatasan untuk berkebun itu.

Sementara itu, disela kunjungan ini, istri Gubernur Gorontalo Idah Syahidah, yang juga merupakan anggota DPR RI asal Provinsi Gorontalo, juga nampak membagikan masker dan makanan ringan kepada para petugas posko. (*/DP-02)